Jumat, 09 Maret 2012

Beberapa Add-Ins Profesional untuk Meningkatkan Kekuatan Excel

Add-Ins?
Ya. Untuk menambah fungsionalitas Excel di kompi kita, ada beberapa tools yang bisa kita tambahkan sehingga Excel di kompi kita lebih bertenaga, Add-Ins berfungsi untuk menambah fasilitas yang tidak disediakan oleh program standar di Excel, atau mempermudah penggunaan fasiltas Excel standar.


Berikut beberapa Add-Ins gratis yang dibuat oleh para pakar-pakar Excel tingkat dunia.









Add-Ins ini merupakan koleksi beberapa tools siap pakai. Diproduksi oleh J-Walk & Associates milik John Walkenbach. Sebagaimana kita ketahui, John Walkenbach adalah pakar VBA yang menulis banyak buku Excel dan VBA yang menjadi pedoman sekaligus Holy Book bagi penggemar Excel di seluruh dunia. John Walkenbach dikenal sebagai Mbah-nya VBA. Beliau merupakan salah seorang Microsoft MVP (Most Valuable Professional) di bidang Excel.
Berikut tampilan PUP7:





Jadi ketika PUP7 sudah ter-instal di kompi kita, akan terbentuk sebuah menu Ribbon baru yang terdiri dari 5 group, yakni: Cells and Ranges, Workbooks and Sheets, Charts and Graphics, Auditing, PUP Bookmarks. 
Asyiknya lagi, Add-Ins ini disertai 6 buah game yang bisa kita mainkan di Excel, yakni : Video Poker, Dice Game, Bomb Hunt, Hangman, Sudoku Generator, dan Random Number.



Adalah sebuah add-Ins karya Bastien Mensink Sebagaimana namanya ASAP (As Soon As Possible) merupakan add-Ins yang tepat untuk mempercepat berbagai pekerjaan seperti: Menghapus baris ganjil saja, mengotomatisasi pewarnaan baris ganjil dan genap, Membuat hyperlink ke semua sheet, mengambil angka saja dari sebuah data, menghapus baris kosong, men-export cell comment ke dalam sel, mencetak banyak sheet dalam sekali klik,memperoteksi banyak sheet dengan mudah, dan lain-lain.

Add-Ins yang satu ini hasil kreasi salah satu Microsoft MVP di bidang Excel, yakni Rob Bovey, pengarang banyak buku Excel di antaranya: Microsoft Excel 97 Developers Kit, the Excel 2002, 2003 and 2007 VBA Programmer’s References and Professional Excel Development. Jadi tak heran Add-Ins ini sangat layak untuk menghiasi menu Ribbon Excel kita. Add-Ins ini juga bersifat GRATIS. berikut tampilannya:









Extools adalah add-in gratis dengan beberapa keunggulan:

  1. Excel biasanya menghapus kemampuan fungsi Undo, jika telah melakukan tugas dengan macro. Namun, dengan Extools hal ini tidak berlaku lagi. Fungsi Undo masih tetap bisa digunakan.
  2. Free (gratis)
  3. Meskipun banyak tool yang bisa digunakan, namun pada starUp, tidak ada tool apapun yang di-load. Fungs-fungsi pada Extools akan di-Load hanya ketika mau digunakan saja.
  4. Extools merupakan "clean software", artinya, tidak menambah, mengubah windows registry, setting, desktop, start manu, dan lain-lain. 
Berikut tampilannya:



ini salah satu add-In favorit saya. Sayang sekali saya lupa dari mana saya mendownload add-in ini. Alamat website yang tertera pada tool ini juga invalid. Saya cari di google, belum ketemu. Berikut tampilannya:




Add-In merek Lokal
Beberapa add-in berikut adalah hasil karya anak negeri dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.






nggak kalah kan sama buatan londo?




ini adalah add-in yang dibuat oleh kang Syukron untuk menangani masalah proteksi Sheet dan Workbook.




Add-Ins ini karya Maestro Excel Indonesia  yaitu Setyowati Devi, atau  STDV(i). Dibuat karena banyaknya pemakain Excel yang kesulitan dalam menangani masalah Tanggal di Excel.
Di alamat pengunduhannya, juga sudah disertai add-in Change Case.
Untuk penjelasan tentang add-in Kalender PopUp ini bisa dilihat di sini


Itulah beberapa Add-in pilihan yang bisa kita gunakan, walaupun sebenarnya masih banyak lagi add-ins top yang tidak bisa disebut satu per satu di blog ini


Untuk mengunduh add-ins di atas, silahkan klik pada judul masing-masing add-in. 


Artikel Terkait:

5 komentar:

MazGuru mengatakan...

Trims infonya Pak.

Langsung ke TKP dan sedot.

excell mengatakan...

sama-sama pak.

dadan mengatakan...

mantap...terima kasih pak...

Unknown mengatakan...

Mas saya pakai excel 2003 tadinya bisa buat mainin Game Angry bird format excel tapi kenapa sekarang ga bisa di mainin lagi ya..! gimana setting Excel biar bisa maini lagi game format Excel..

Terimakasih

magical code mengatakan...

keren-keren!
aku juga bikin add-in, tapi baru satu. fungsinya untuk compare 2 list data supaya tahu data yang tak sama ataupun yang sama.
sekarang juga lagi bikin add-in untuk mempercantik comment di excel.