Senin, 21 November 2011

Export/Convert File DBF (hasil Aplikasi UN) ke Excel

Pembaca, beberapa waktu yang lalu, saya diminta teman untuk meng-export File DBF hasil olahan aplikasi UN yang memang sudah diberikan oleh Dinas Pendidikan ke dalam bentuk File Excel. Berhari-hari saya cari cara yang paling mudah. Setalah bekerja keras, akhirnya saya mendapatkan cara mudah.


Mengapa harus di-export ke Excel?
Ya, kan eman. Kita udah susah-susah entri data di aplikasi UN tersebut, namun untuk pengolahan data kita sendiri harus nulis ulang di Excel. Lebih enak, kalau dari data di Aplikasi tersebut langsung kita export ke Excel untuk kemudian kita olah untuk Try Out, Penilaian, bahkan nanti membuat kartu peserta, dan SKHU. Sehingga nggak perlu nulis mulai awal lagi. Pekerjaan jadi nggak rumit lagi.


Oke, langsung saja caranya:
1. Kita cari terlebih dahulu hasil file DBF yang tersimpan di Folder APLIKASI UN, BIOSMA2012 (untuk SMA) / BIOSMP2012 (untuk SMP). Lalu cari folder yang berisi Kode Propinsi dan Kode Kabupaten. Kalau sekolah saya : 05-35. Lalu ke folder Biodata. Nah di folder tersebut ada file yang bernama BIO12-XXYYZZZR. Dimana XX adalah kode Propinsi, YY kode Kabupaten, ZZZ kode sekolah dan R kode untuk tingkatan.
2. Kita Download sebuah program yang bernama DBF Viewer. Gratis Kok. Downloadnya di sini
3. Setelah di-download, lalu kita instal sebagaimana biasa
4. Buka file DBF yang kita bahas di point 1.
5. Pilih Export > Excel .
6. Buka File Excel yang telah dibuatkan. Jangan kaget bila kondisinya nggak karuan.
7. Kita Save As sebagai Excel 2010 atau 2007 atau 2003
8. Selesai.




Demikian semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

12 komentar:

Yusuf mengatakan...

TERIMA KASIH APLIKASINYA SANGAT MEMBANTU

Haeruddin, S.Pd mengatakan...

sama-sama

ali sadikin, Ak. mengatakan...

trims pa haerudin, S.Pd. kebetulan ini tugas saya... entry nilai... sungguh sangat membantu buat saya, semoga sukses pa... salam kenal...

Anonim mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali, terimakasih banyak pak !!!

khoiron hadi, S.Pd. mengatakan...

TERIMA KASIH PAK HERU ATAS BANTUANNYA....SEMOGA TUHAN YANG MEMBALAS KEBAIKAN PAK HERU..MAJULAH PENDIDIKAN INDONESIA.....

Anonim mengatakan...

TRIMAKASIH BANYAK PAK HAERUDIN,INI BENAR2 SANGAT MEMBANTU KAMI

Arga Blog's mengatakan...

Terimakasih, tutorial anda sangat membantu bagi sekolah kami. salam dari gresik-jatim.

Arga Blog's mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kiki gokil mengatakan...

pak makasih atas saranya tetapi saya mau bertanya tentang aplikasi un saya belum mengerti kalau file DBF di laptop saya ga bisa di buka da tidak bisa di exstrack

muhdayin mengatakan...

Akhirnya ketemu juga yang saya cari 2 hari 2 malam. Terima kasih dbf infonya.

ahmad rofii mengatakan...

Terima kasih pak
Work 100%

mampiro.com mengatakan...

wah mantap artikelnya gan