Kamis, 27 Oktober 2011

Membuat Kartu Ujian Semester Menggunakan Excel


Minggu kedua bulan Desember 2011, hampir semua sekolah mengadakan Ujian Akhir Semester Ganjil. Tugas panitia akan sedikit sibuk dalam menyiapkan ujian tersebut. Salah satu tugas yang cukup menyita waktu adalah membuat KARTU PESERTA UJIAN. 


Tulisan kali ini adalah tentang membuat Kartu Ujian Otomatis dengan menggunakan Microsoft Excel.



Misalnya kita sudah punya data seperti ini:


di mana masing-masing kelas sudah disusun data sebagai kelas IA. Sheet terakhir berisi Kartu Ujian untuk masing-masing siswa per kelas. Tampilan awalnya seperti ini:


Bagaimana rumus yang digunakan untuk menampilkan data siswa sesuai dengan pilihan kelas di atas?


Perlu diketahui sebelumnya, dalam gambar di atas, saya menggunakan Combo Box untuk menampilkan daftar kelas. Link dari Combo Box tersebut adalah sel D1.


Rumus yang digunakan untuk menampilkan Nama Siswa di kartu 1 adalah:
=OFFSET(INDIRECT(INDEX($J$3:$J$11,$D$1)&"!C2"),B$3,0)
Untuk Kelas, Nomor Ujian, dan Ruang, tinggal mengkopi rumus di atas, lalu mengganti angka 0 (nol) dengan masing-masing 1,2,3. Jadi rumus lengkapnya adalah:
Kelas : =OFFSET(INDIRECT(INDEX($J$3:$J$11,$D$1)&"!C2"),B$3,1)
Nomor : =OFFSET(INDIRECT(INDEX($J$3:$J$11,$D$1)&"!C2"),B$3,2)
Ruang : =OFFSET(INDIRECT(INDEX($J$3:$J$11,$D$1)&"!C2"),B$3,3)


Untuk kartu 2, rumusnya sama dengan kartu 1, hanya rujukan B$3 diganti dengan B$11.


Kartu 3, tinggal ngopi dari kartu 1
Kartu 4, tinggal kopi dari kartu 2


Tampilan akhir:


Nomor kartu disamarkan (warna tulisan dibuat sama dengan warna background).


Untuk jelasnya, silahkan download contoh yang dijelaskan di atas disini atau di BoxNet di sidebar.


Artikel Terkait:

10 komentar:

junedi Albarbasy mengatakan...

salam..http://tentarakecilku.blogspot.com/

aji mengatakan...

Ijin nyedot gan, untuk sinau.

aji mengatakan...

Maaf gan, jika di ijinkan mau bertanya?
Pada contoh persheet hanya 4-10 pesert ujian (jk di modif) dgn jumlah siswa 10/kelas.

Bagaimana jika siswa >10 dan masternya tetep hanya 1 sheet aza, untuk menampilkan peserta (misal) no 11-20.

Bantu ya gan? Kepingin belajar. Matur tengkiyu sebelumnya n sukses untuk agan.
(Ajiparluji@yahoo.co.id) papua barat.

Heru mengatakan...

Biar lebih mudah bagi saya memahaminya, filenya bisa dikirim via email. Menjelaskan lewat komentar saja, agak sulit juga.

aji mengatakan...

Tanks gan, sangat membantu, lain kali jika sy ingin belajar lagi, boleh ya minta tulung. Smoga Allah membalas kebaikan agan n sukses selalu.

Anonim mengatakan...

kok agak mirip dengan =vlookup ya gan. cuman cell D1 nya itu bikin lebih manis

hadisyah mengatakan...

bagaimana caranya memasukan formula ini ke dalam kode vba pada formuser? trmksh sebelumnya

Aliansyah mengatakan...

Menggunakan mail merge sepertinya lebih simple, tp terserah anda hanya berbagi info bagi yang membutuhkan tutorial aplikasi mail merge untuk keperluan administrasi sekolah atau umum silahkan mampir di sini gan..
http://sman1ciasem.com/membuat-kartu-perserta-ujian-sekolah-utsuas-dengan-mail-merge.html

Anonim mengatakan...

IZIN DONLOAD GAN,,MAU TANYA JUGA CARANYA MENAMBAH KARTU KETIKA DI CETAK TIDAK HANYA 4 SAJA TAPI SESUAI UKURAN KERTASNYA (a4, F4) SEPERTI ITU MOHON JAWABANNYA, TERIMAKASIH

Fataya Corner mengatakan...

Maaf gan masih rada bingung, itu rumus yg "!C2" maksudnya apaan ya?