Sangat sering kita membuat beberapa worksheet yang susunannya sama. Biasanya laporan bulanan, mingguan atau berdasarkan kelas. Misalnya kita mempunyai workbook seperti ini:
Untuk menjumlah total gaji semua bulan (sel G22) , cara yang biasa kita gunakan adalah memasukkan rumus :
Nah, Excel menyediakan fasilitas untuk memudahkan penjumlahan sebagaimana di atas dengan syntax :
Tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Demikian tips hari ini, selamat pagi, siang, sore, petang, malam...!
Untuk menjumlah total gaji semua bulan (sel G22) , cara yang biasa kita gunakan adalah memasukkan rumus :
=Jan!G21+Peb!21+Mar!G21 .... dst.
Nah, Excel menyediakan fasilitas untuk memudahkan penjumlahan sebagaimana di atas dengan syntax :
=SUM(Sheet1:Sheetn!G21)
Jadi, kalau kita terapkan untuk kasus di atas, maka rumus di sel G22 Sheet TOTAL adalah:
=SUM(Jan:Des!G21)
(dengan asumsi bahwa jumlah gaji tiap bulan ada di sel G21).Tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Demikian tips hari ini, selamat pagi, siang, sore, petang, malam...!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar