Rabu, 09 November 2011

Jadwal Pelajaran Sekolah (Maks. 15 Kelas) di Excel



Membuat dan mengatur jadwal pelajaran memang bikin pusing. Sering jadwal yang sudah diutak-atik selama seminggu lebih, masih ada saja yang bentrok. Apalagi banyak guru yang minta hari khusus. Sebbel dech...!


Kali ini saya luncurkan contoh file Jadwal Pelajaran yang bisa digunakan untuk maksimal 15 kelas. Untuk yang lebih 15 kelas, gak usah lha yaw, karena pasti sekolahnya udah maju. Jadi pembuatan jadwalnya gak serumit sekolah kecil kayak sekolah tempat saya mengajar.


Nah, pada file contoh Jadwal Pelajaran ini, terdapat fasilitas sebagai berikut:

  • Terdapat form permintaan jam hari hari kosong dari masing-masing guru
  • Cek jadwal bentrok
  • Cek jadwal apakah sudah sesuai dengan permintaan sebagian guru
  • Jadwal per kelas
  • Jadwal per guru
  • maksimal jumlah guru adalah 60
Kelemahan:

  • belum bisa mengatur jadwal piket masing-masing guru
  • belum bisa diterapkan untuk team-teaching


File ini ada beberapa sheet yang diprotect, namun tidak dipassword.
Special thanks for Bapak Muhammad Syukron yang telah banyak membantu selesainya file ini. 


File bisa didownload di Boxnet di sidebar (di samping kanan tulisan ini) atau di sini


Artikel Terkait:

35 komentar:

JET mengatakan...

Terima kasih untuk sharingnya, saya ingin membantu ayah saya untuk membuat jadwal untuk 21 kelas, mungkin bisa dibantu pak.

excell mengatakan...

Sebenarnya jika memahami struktur dari jadwal 15 kelas, akan mudah untuk menambah jumlah kelas sesuai keinginan. Tinggal menambah kolom di beberapa sheet dan mengkopi rumusnya.

pm4x mengatakan...

Pak Kemarin saya unduh aplikasi ini kemudian saya kembangkan menjadi 26 kelas sudah jalan saya modif modelnya seperti : ada password(yang dapat diganti-ganti), Aktivasi Program berdasarkan kode SN Drive, ada ruang kelas, tambah cetak : kode guru, kode bidang studi, Kelas X, XI, XII dan cetaknya menggunakan button. saya minta maaf bila memodifikasi file bapak tanpa izin. jika izinkan aplikasi ini mau dibeli oleh kepala sekolah tempat saya bekerja sebernarnya saya gratiskan tapi beliau mengganti sebagai ucapan terima kasih telah membantu sekolah dalam proses jadwal. bila aplikasi ini berhasil nanti bapak akan saya beri royalti yang sesuai. saya bekerja di instasi sekolah SMA pak sebagai TATA USAHA. untuk kontak E-mail saya : wahyuareta@yahoo.com/wahyu_areta@yahoo.com

excell mengatakan...

File yang sudah di-upload, tidak saya PATEN-kan. Sehingga boleh dimodifikasi oleh siapapun, asal untuk tujuan yang baik. Masalah Royalti, saya tidak berhak dong, karena tidak punya HAK PATEN. Begitu khan?

pm4x mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hamdy mengatakan...

Assalamu'alaikum pak?

salam kenal, saya hamdy

saya mau bertanya mengenai jadwal yang bapak buat, saya sudah coba jadwal tersebut, ternyata, jika yang bentroknya lebih dari satu guru tidak terbaca, yang terbaca hanya satu guru saja....

supaya bisa terbaca lebih dari satu itu gimana???

terima kasih sebelumnya

excell mengatakan...

Terima kasih atas tanggapannya. Penandaan jadwal bentrok, saya buat dengan menggunakan logika MODUS.
Ternyata, logika Modus tidak berjalan mulus untuk kondisi yang pak Hamdy gambarkan. Untuk sementara saya belum bisa memberi solusi. Akan coba saya pikirkan ulang.

excell mengatakan...

Oke, setelah bersemedi 7 hari, hehehe akhirnya ketemu rumusnya untuk solusi yang pak Hamdy tanyakan, yakni dengan mengganti formula pada Conditional Formatting dari sel C5:Q52
1. Blok C5:Q42
2. Pilih Menu Ribbon Home --> Conditional Formatting -- > Clear rules --> Clear rules from selected cells
3. Home --> Conditional Formatting --> New Rule
4. Pilih "Use formula to determine which cells to format
5. Tulikan rumus berikut di textbox: "=AND(C5<>"-",COUNTIF($C5:$Q5,C5)>1)" (tanpa tanda petik)
6. Klik tombol Format.
7. Pilih Fill --> pilih warna merah pada bagian Color
8. Oke. Oke

Setelah itu, ubah warna huruf pada sel pada C5:Q52 menjadi warna putih.

Kalau masih kesulitan, link download jadwal sudah saya revisi mengikuti alur ini.

Oriental Band mengatakan...

trima kasih info yang sangat berguna, setelah saya download jadwal pelajaran, nama sekolah kok ga bisa diganti ya pak??? hehehe

Hamdy mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak, Saya coba aplikasi jadwal ni dengan format jadwal yang ada di sekolah saya tapi malah jd ngaco......


mohon bantuan'a...



minta email bapak saya mau kirim contoh formatnya,


n kalo bisa jumlah kelasnya jadiin 6 aja,,

hehehehe maaf yah

excell mengatakan...

Silhakan via email saja.
herumamuda@gmail.com

Hamdy mengatakan...

Terima Kasih banyak atas bantuannya,


tapi ko formulanya banyak yg berubah yah?????

terutama pada kolom status OK dan dua kolom disamping kanan kirinya, disitu saya tidak faham dari rumus yg bapak buat kemaren,


mohon penjelasannya,,,,

Hamdy mengatakan...

Assalamu'alaikum, pak.....nanya lagi dong,


Ko untuk Kode MAPEL yg lebih dari 2 huruf ga kebaca yah, contohnya d sekolah saya kan ada lebih dari 26 MAPEL, otomatis kodenya jg Lebih Dr Z,


maksdnya gini pak, misal kode A udah pnya MAPEL Bhs. Indo, Dan AA untuk Penjaskes, Ketika di entry pada Jadwal Lengkap2, yg Kebaca Cuma huruf awal dr kode tersebut, jadinya Bhsa Indo Smua,,,,



minta solusinya lagi dong Pak......


Makasih atas yang kemaren

Agus Faurizan mengatakan...

Salam kenal pak, link downloadnya dimana yaa?? disamping widget tidak tampil

Ahmad Idrus mengatakan...

mas wahyu emang hebat juga udh di modif tp kan mas heru yg buat n share ga trial n bener2 free tp kok yg di modif trial n harus bayar lisensi nih mas wahyu? klo berkenan di kasihlah SN nya kan untuk pendidikan. githu....

Anonim mengatakan...

Salam Kenal pak..
terima kasih telah memudahkan untuk membuat jadwal
tapi ada sedikit kendala bagian Nama SEKOLAH tidak bisa di edit..
mohon bantuannya supaya bisa di edit ya pak..
terima kasih banyak

Ahmad Idrus mengatakan...

Asswrwb
mas heru saya udh download yg 15 kelas n coba diubah jadi 24 kelas tp ga bs nih mas. bisa dbantu ga di share yg 26 kelas atau lebih? saya juga tgs di MA di palembang. kasihan di waka kurikulum pusing trus saat susun jadwal pelajaran. mohon bantuannya terimakasih. man3ict@gmail.com

Hamdy mengatakan...

itu menggunakan data validation pak hasna,

maaf bukan Pa' Udin yang jawab...

nama saya hamdy, salam kenal

Anonim mengatakan...

Salut sama postingannya pak, mau tanya neh. saya coba tambah jam pelajaranya, misal ada jam ke 9 nya, tapi kenapa tidak muncul secara otomatis di adwal lengkap pak??mohon penjelasannya..

Abu Hudzaifah mengatakan...

Subhanallah, sangat membantu sekali. Saya juga mohon ijin sebagaimana mas wahyu, saya hanya merubah tampilan dan menambahkan tombol2 utk memudahkan pengguna dan agar tampilan jadi wah. Bagi yg mau silakan email ke saya: elhazmy.1@gmail.com (tapi tidak sebagus punya mas wahyu) InsaAllah file modif dari mas heru akan saya selesaikan setelah saya selesai ujian kuliah.

pm4x mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pm4x mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ARTA MEDIA KOMPUTER mengatakan...

Bisa g kalo dibuat lebih dari 15 kelas...dari SMA PGRI Kayen Pati, mohon petunjuknya dunk..

Abu Wijaya mengatakan...

Saya masih pusing saja belajar excel.

Kreatifitas Guru mengatakan...

Yang jelas dengan banyak membaca postingan temen2 semakin banyak referensi untu membuat jadwal pelajaran, makasih pak...

asep mengatakan...

Ass. alhamdulillah akhirnya kami temui hamba Alloh yang ikhlas berbagi, selanjutnya.....sudi kiranya bapak memberi jalan untuk penambahan kelas, kebutuhan kami 36 kelas, terimakasih atas ilmunya.
wass

Sandra Sasi Kirana mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih atas postingan halaman blog ini, saya terbantu sekali, terima kasih banyak :)))

Maryanto Raharjo mengatakan...

tolong disesuaikan dengan kurikulum 2013

numpang link http://kabartebo.blogspot.com

Nurkholis mengatakan...

Terima kasih pak, sangat bermanfaat sekali.
Minta izin untuk memodifikasinya untuk jenjang SD/MI

Unknown mengatakan...

salam kenal pak
mau tanya, gimana kalo mengubah kode untuk guru dan pelajaran, itu untuk pelajaran kan kodenya A-Z, misal dibalik, yang kode A-Z untuk guru, sedangkan 1-dst untuk pelajaran, karena selama ini yang berlaku di sekolah saya seperti itu, biar ga bingung inputnya. makasih.
ma'lum, baru berlajar (alias amatir)

nanag mengatakan...

Salam Kenal Pak,
Mohon Ijin Unduh..... tapi ada satu kendala pak saya mau edit worksheet "JadwalLengkap", tapi ngak nemu (baru belajar) mohon pencerahannya, terima kasih semoga menjadi amal baik Bapak menjadi amal yg tidak putus Amin..........

SMP IT BUDI LUHUR mengatakan...

Kami sudah bisa membuka semua password file bapak, bolehkah kami men share kembali file tersebut...?
Mulai dari Merubah nama sekolah, menambah kelas, menambah jam pelajaran.
Besar harapan kami untuk diperbolehkan...

Unknown mengatakan...

Saya sdh download, tpi g bsa dibuka, ada tulisan protec gitu, gmna caranya y...mhon bantuannya. Sya perlu bgt aplikasi ini. Email: lunitadin@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.
maaf pa guru, mo tanya.
bagaimana jika kode mapelnya dengan karakter kode berulang misalkan

A = Bahasa Indonesia
AA = Antropologi?

Input Kode AA akan terbaca A doang pa.

Tolong pa dibantu..
Wasalam

Unknown mengatakan...

Aplikasi sangat membantu, tapi maaf pk kalau mau nambah jam pelajaran caranya gimana pak. Mohon bantuannya tolong kirim lewat email saya sugengw979@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya.