Selasa, 25 Oktober 2011

Scanning Jawaban Pilihan Ganda Pake Excel


Sebagai guru, saya seringkali mengadakan ujian bagi siswa dan siswi. Nah, pekerjaan tambahan kalau lagi musim ujian adalah mengkoreksi pekerjaan siswa. 
Kali ini saya ingin membagi pengalaman koreksi pilihan ganda dengan Excel (semacam scanning LJK), tapi jawaban siswa kita masukkan secara manual. Sangat cocok untuk digunakan sebagai analisis butir soal nantinya.
Misal kita buat seperti gambar di bawah ini:



Tugas kita adalah meghitung Jumlah Soal, berdasarkan kunci jawaban yang ada, lalu menghitung jumlah jawaban tiap siswa yang benar.


Untuk menghitung jumlah soal tinggal menuliskan rumus di sel E11. Rumusnya : =LEN(D11)-(LEN(D11)-LEN(SUBSTITUTE(D11,"-",""))).


Lalu untuk Skor tiap Soal dan Nilai Maksimal silahkan kita isi sendiri sesuai keinginan kita.


Tahap inti dari tugas kita adalah menghitung berapa jumlah jawaban benar tiap siswa, dimulai dari sel E14. 
Sebenarnya banyak sekali kombinasi rumus yang bisa kita gunakan, baik menggunakan sel bantuan maupun tanpa sel bantuan. Salah satu kombinasi rumus yang bisa kita tulis di sel E14 adalah :


=SUM((MID(SUBSTITUTE(D14,"-",""),ROW(INDIRECT("1:"&$E$11)),1)=MID(SUBSTITUTE($D$11,"-",""),ROW(INDIRECT("1:"&$E$11)),1))*1)


Ingat...!
Rumus di atas adalah rumus Array. Kalau rumus biasa, setelah selesai nulis kita tekan Enter, nah, untuk rumus Array, setelah selesai nulis kita tekan Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan.
Rumus ditulis langsung dalam satu baris tanpa spasi.


Lalu kita kopikan ke bawah sampai sejumlah siswa.


Rumusnya panjang amat ya...? berikut penjelasan satu persatu dari rumus di atas.


MID
mengambil sebagian karakter tertentu dalam satu sel. Jadi kita ambil satu per satu masing-masing huruf dari jawaban siswa. MID dalam rumus di atas ada dua, yakni untuk sel D14 dan sel D11. Karena kita ingin membandingkan apakah masing-masing huruf jawaban siswa sama dengan kunci jawaban.


SUBSTITUTE
Fungsi ini untuk mengganti karakter tertentu dari teks. Dalam rumus di atas, kita akan mengganti karakter "-" dengan karakter "". Artinya kita menghilangkan karakter "-" dari jawaban siswa.




INDIRECT
Rumus ini untuk mengatasi banyaknya soal yang mungkin tidak sama. Pembahasan tentang rumus INDIRECT bisa dilihat di sini

ROW
Fungsi ROW untuk menampilkan nomor baris. ROW(A1) hasilnya adalah 1. ROW(A2) hasilnya ya 2. ROW(1:2) hasilnya adalah data array {1,2}.


*1
Mengapa harus dikalikan satu?
Ya, karena dengan fungsi MID di atas, kita mengambil satu persatu huruf mulai nomor 1 sampai nomor 25, dan kita membandingkan dengan Kunci Jawaban satu per satu juga. Hasil perbandingan akan bernilai TRUE atau FALSE. Jika jawaban siswa "A" dan kunci "A" maka hasilnya TRUE. Ternyata di Excel TRUE sama dengan 1, sedang FALSE sama dengan 0. Agar data Bolean TRUE dan FALSE tadi berubah jadi angka biasa, maka kita kalikan dengan 1. Sehingga untuk jawaban siswa absen 1, akan menghasilkan data array {1,1,1,1,1,1,0,0,0,0,0,1,0,1,1,1,1,1,0,0,0,0,1,1,1}.


SUM
Menjumlah data array di atas. Yakni 15.


Untuk Jumlah jawaban salah, kita tinggal mengurangi jumlah soal dengan jumlah jawaban benar : =$E$11-E14.


Untuk jumlah nilai, tinggal mengalikan Jumlah jawaban benar dengan skor tiap item : =E11*$F$11.


Masih bingung?
Bagi yang agak pemula, penggunaan rumus Array memang sedikit membuat pusyiiingggg. Gak majalah, eh Gak Masalah, seiring dengan waktu sambil terus kita belajar, segalanya akan makin mudah. 
Keuntungan menggunakan array formula ini, kita bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan rumus biasa. Penjelasan secara rinci tentang Array Formula bisa dilihat di sini





Sekian dulu, semoga bermanfaat


File contoh bisa didownload di sini


Artikel Terkait:

20 komentar:

Anonim mengatakan...

Array formula? hemmm. baru dengar saya.

Anonim mengatakan...

asl. pak heru dimana contoh filenya, ada gak

excell mengatakan...

Contoh file bisa didownload di:
http://www.box.com/s/b572a9f2afb071660d2e

Anonim mengatakan...

kalau ada jawaban bonus, bagaimana rumusnya?

excell mengatakan...

kalau ada jawaban bonus, lebh baik, jawaban siswanya saja diisi jawaban yang benar. tidak perlu mengubah rumus

Atau kunci jawaban nomor yang bonus, dibuat kosong, kemudian jawaban siswanya juga dibuat kosong. Lalu di rumus ditambahkan dengan jumlah jawaban bonus.

Anonim mengatakan...

salam kenal boss.. aku juga udah buat untuk soal pilihan ganda pakai nyang lebih sederhana pakai =if. Kan tinggal NGEbandingkan antara kunci jawaban dengan jawaban siswa juga. jika jawaban benar, dapet skor 1. jika salah dapet skor 0 misalnya

excell mengatakan...

Bisa saja. Yang saya contohkan di sini adalah mencari nilai akhir dengan satu formula saja tanpa kolom bantu. Apalagi kalau semua jawaban dijadikan satu sel saja, tentunya penggunaan IF saja sepertinya tidak cukup.

Anonim mengatakan...

Tambah dikit boss. Aku udah donlut and ngotak atik rumus array scanning jawaban pilihan ganda. Aku milih nyang pake =SUM((MID(C9;ROW($1:$10);1)=MID(C$2;ROW($1:$10);1))*1). Gimana kalo imput datanya pake makro. Ya paling tidak makronya buat kolom: No urut, Nama,Rincian Jawaban. Tolong kasih makronya dung... aku pemula nih. Jadi kan input datanya lebih attractive and yang paling penting lagi tidak membosankan. Matur thank you

excell mengatakan...

Pake Macro? saya ooba ya...!

Ditaruh di Module:

Function JumlahBenar(Data as Range, Kunci as Range)
Dim banyak as Integer, i as Integer, x as integer
banyak = len(Data)
If banyak = len(kunci) then
For i = 1 to banyak
If Mid(Data,i,1)=Mid(kunci,i,1) Then
x = x + 1
Next i
JumlahBenar = x
Else
JumlahBenar = "Data dan Kunci tidak seimbang"
End If
End Function

COntoh penggunaan:
Jika Kunci jawaban ada pada sel C2, sedangkan data jawaban ada pada sel C6:C9, maka:
untuk sel D6 diisi rumus:
=JumlahBenar(C6,C$2)
Kopikan ke bawahnya.

sugengwa mengatakan...

kalau dibalik bagaimana caranya....di contoh ini data 1 cell diuraikan menjadi beberapa baris ..kalau kebalikannya...data beberapa baris dijadikan 1 cel, memang dengan rumus =A1&A2&...bisa menjadi solusi, namun andai jumlah kolom/baris lebih dari 100...begitu panjangnya rumus-nya, adakah yang lebih simpel lagi...mohon solusinya

excell mengatakan...

Saya agak kurang paham maksud : "Data 1 sel diurai menjadi beberapa BARIS"

Langkah - langkah yang ditulis di atas, rasanya tidak ada yang mengurai 1 sel menjadi beberapa baris.

Eko mengatakan...

Pak saya mencoba make rumus di atas, tetapi kok hasilnya jumlah jawaban benar menjadi #REF!.. mohon bantuannya

sk kip tahap 3 jawa barat mengatakan...

ass.wr.wb mas, sy juga guru di Tsanawiyah di kota bogor sy senang dgn excel mas & sedikit tahu jg. Kl boleh sy jg ingin belajar cara membuat program2 yang sudah mas tampilkan! Terima kasih

Anonim mengatakan...

MUNGKIN BISA DENGAN UPLOAD VIDEO TUTORIAL BIAR PARA PEMULA BISA LEBIH PAHAM

Unknown mengatakan...

assalaumaikum mass,. mau tanya ni bagaimana membari warna
jika jawabannya benar berisi ?
misal kunci jawabannya A,.
maka nilai A bewarna caranya gmana mas,. mohon bimbingannya...

excell mengatakan...

mungkin ini bisa membantu:
http://www.excelheru.blogspot.com/2011/10/modifikasi-sel-berdasarkan-kriteria.html

Anonim mengatakan...

TERIMA KASIH INI YANG LAGI SAYA CARI-CARI, SEMOGA BERMANFAAT

Goentoer SL mengatakan...

Assalamu'alaikum. pak heru sy mau bertanya. saya juga sedang membuat untuk analisis butur soal pilihan ganda. fungsi yg bapak buatkan langsung mencetak jumlah jawaban benar dan jawaban salah. jika kita akan membuat analisi dengan nilai 0 dan 1 tiap soal rumusnya gmn ya pak? misal sel C3 berisi kunci jawaban 1-20, kemudian pada kolom C yang dimulai dari C7-C45 adalah hasil scan jawaban siswa, kemudian pada sel D7-W7(untuk hasil tiap siswa) akan dibuatkan analisis dg mnggunakan nilai 0 dan 1 tiap soalnya. rumusnya gmn ya pak? mohon bantuannya.dan kalu kunci dan jawaban siswa tdk dipisahkan menggunakan "-" bagian mana yg hrs dihilangkan pada rumus? mohan maaf panjang krn excelnya blm mendalam :)

Unknown mengatakan...

kalau ada nilai untuk jawaban kosong 0 gimana ya pak?

Admin mengatakan...

awalnya sy bingung hasilnya #VALUE... terus sy coba evaluasi kodenya... pas dicek ternyata ada tanda kurung yang kurang...

kalo di saya sih rumusnya jadi begini:
=SUM(((MID(SUBSTITUTE(C12,"-",""),ROW(INDIRECT("1:"&$D$9)),1))=MID(SUBSTITUTE($C$9,"-",""),ROW(INDIRECT("1:"&$D$9)),1))*1)

cuma beda sel-selnya aja.
makasih banyak buat tutornya gan, jujur aja, tutornya membantu banget :D