Pemilik Blog

Haeruddin, S.Pd


Alamat : Desa Ponjanan Timur Kec. Batumarmar Kab. Pamekasan Jawa Timur 69354
Email : herumamuda@gmail.com
Pekerjaan : Guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Swasta Mambaul Ulum 2 Pamekasan

89 komentar:

Anonim mengatakan...

pak heru, saya hamid, dari jember, pengin juga belajar vba, saya tertarik ingin menyembunyikan row dan kolom yang tidak digunakan pada sebuah sheet seperti aplikasi raport yang bapak buat, mhn tutorialnya.....

excell mengatakan...

Caranya cukup mudah sebenarnya.
Yakni dengan memblok Kolom kosong petama yang tidak dipakai (Misalnya kolom terpakai sampai H, maka blok kolom J atau I, kemudian tekan di keyboard Shift+Ctrl+Panah ke kanan. Dengan cara ini maka mulai J sampai XFD akan terblok. Kemudian Klik kanan, pilih Hide.
Begitu juga dengan row.
Sangat simpel khan???

Abhie Karan Prama Sarisha mengatakan...

Saya banyak belajar hari ini ... Terimakasih .. moga makin berkah ilmunya.

Subhan mengatakan...

Salut saya dengan karya-karya bapak. Saya lagi mengerjakan proyek Rapor untuk tempat saya mengajar di MAN Tanah Grogot menggunakan Excel seperti punya Bapak (tapi ini karya saya loh.... he he he). Sudah mau rampung, tinggal merubah tampilannya aja. Mohon kesediannya untuk berkunsultasi ya.

excell mengatakan...

silahkan. selagi saya bisa, insya Allah saya bisa membantu

Subhan mengatakan...

password sheet warning raport nya apa pak?

Anonim mengatakan...

Assalamu 'alaikum wr. wb
Pak Heru, saya Abd. Rohim dari Gresik. Mohon penjelasannya
1. Bagaimana cara memasukkan CommandButton dkk ke lembar excel?
2. Bagaimana cara membuat hyperlink tetap jalan dg sheet yg tersembunyi. Misalkan saya punya sheetMenuUtama, sheetA, dan sheetB. Ketika sheet MenuUtama tampil, dua sheet lainnya tersembunyi. Kemudian ketika kita klik hyperlink ke sheetA, maka SheetA terbuka dan dua sheet lainnya tersembunyi. Begitu juga seterusnya.
Atas penjelasannya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu 'alaikum wr.wb.

excell mengatakan...

spasi saja satu huruf

excell mengatakan...

Wa'alaikum salam wr. wb.
1. pada dasarnya sama dengan cara memasukkan combobox seperti pada tulisan saya:
http://excelheru.blogspot.com/2012/02/memanfaatkan-combobox-pada-form-control.html

2. Kalau menginginkan yang seperti itu, sebenarnya tidak cukup hanya menggunakan fasilitas Hyperlink yang disediakan Excel. Biasanya hal seperti itu dilakukan dengan Macro VBA. Jalan ceritanya begini: Misal kita mau membuat link ke SheetA:
a. SheetA ditampilkan
b. SheetMenuUtama disembunyikan
c. SheetB disembunyikan
Dengan VBA, maka kodenya kira-kira begini:

Sub KeSheetA()
Sheets("SheetA").Visible = xlSheetVisible
Sheets("SheetMenuUtama").Visible = xlSheetVeryHidden
Sheets("SheetB").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub

Untuk nge-link ke sheet yang lain, tinggal mengubah visible-nya.

Untuk workbook yang sheet-nya banyak, penulisan kode seperti di atas kurang efektif, maka kita menggunakan salah satu prosedur di VBA, yaitu prosedur LOOPING.
Penjelasan penggunaan LOOPING untuk menyembunyikan worksheet dalam jumlah banyak bisa dilihat di :
http://excelheru.blogspot.com/2012/01/teknik-menyembunyikan-banyak-sheet.html

Intinya, hyperlink seperti ditanyakan, menurut saya, hanya pada masalah menampilkan dan menyembunyikan worksheet.

Begitu yang bisa saya jelaskan. Mohon maaf jika kurang memuaskan.
Wassalamu'alaikum wr. wb

Subhan mengatakan...

Pak, bisa minta posting tutorial step by step (for dummies) cara Memunculkan sheet “WARNING” saat pertama kali file rapor dibuka dan harus mengaktifkan macro (klik enable macro) untuk masuk ke sheet “AWAL” dan kalau macro tidak di-Enable-kan maka Rapor tertutup.

Anonim mengatakan...

Pak sebelumnya terima kasih banyak tentang aplikasi excel yang ada di web bapak,
saya ingin belajar banyak sama bapak.
pak saya coba buat entry data permintaan bon barang k3 di user form yang mau saya tanyakan:
1. tolong hasil entry tsb bisa di lihat di user form ( list )
2. dari hasil list tersebut kita klik / apa langsung kita bisa lihat review / print
terima kasih

excell mengatakan...

Hal seperti itu dilakukan oleh dua buah workbook event. Yakni Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean) dan Private Sub Workbook_Open(). Event BeforeClose di-eksekusi ketika workbook mau ditutup, sedang event Open di-eksekusi ketika workbook dibuka.
Perintah apa yang kita tuliskan di kedua event tersebut? Pada intinya hampir sama dengan komentar saya di atas (bagian nomor 2). Yakni

A. Workbook_BeforeClose (Bekerja setiap kali kita menutup workbook)
1. Sheet "WARNING" ditampilkan
2. Semua sheet selain sheet "WARNING" disembunyikan
3. Simpan Workbook
Kodenya kira-kira begini:

Dim ws as Worksheet
Sheets("WARNING").visible = xlSheetVisible

For each ws in ThisWorkbook.Worksheets
If ws.Name <> "WARNING" Then
ws.visible = xlSheetVeryHidden
End If
Next ws
ThisWorkbook.Save

Dengan demikian, maka ketika dibuka (dan macro tidak atau belum di-enable-kan), maka yang tampil hanya sheet "WARNING". Sehingga user tidak bisa mengakses apa-apa kalau macro belum di-enable-kan

B. Workbook_Open (Berlaku ketika file dibuka, dan Macro di-enable-kan)
1. Sheets "AWAL" ditampilkan
2. Sheets "WARNING" disembunyikan

Kodenya:

Sheets("AWAL").visible = xlSheetVisible
Sheets("WARNING").Visible = xlSheetVeryHidden

Ini adalah trik untuk memaksa User meng-enable-kan macro.


Penjelasan yang berkaitan dengan sembunyi sheet ini bisa dilihat di :
http://excelheru.blogspot.com/2012/01/teknik-menyembunyikan-banyak-sheet.html

Catatan:
Kedua event di atas, ditempatkan di WOrkbook-Module, bukan di Module biasa. Yang kalau di VBA editor, di bawah Microsoft Excel Objects, ada deretan semua sheet yang kita punya, kemudian di paling bawah sendiri ada tulisan "ThisWorkbook". Nah, Klik kanan tulisan tersebut, lalu pilih "View Code". Disitulah kita menuliskan kedua event tersebut.

Oke, demikian, mohon maaf jika penjelasan saya kurang bisa dipahami

excell mengatakan...

1. Menampilkan hasil entry di userform bisa saja menggunakan ListBox.
2. Kalau mencetak userform saya belum tahu caranya. Biasanya dari data di userform ditulis di sheet dan diPreview atau diCetak.

Tapi karena saya hanya bisa membayangkan dan melamun tentang kondisi yang ditanyakan, jadi menjelaskannya agak susah. Seandainya ada contoh workbooknya, mungkin bisa lebih mudah menjelaskan.

Anonim mengatakan...

ok trim pak. nanti saya kirim workbooknya.
1. untuk menampilkan listbox kasih tau codenya
2. ya pak memang untuk yang mau dicetak disheetnya bukan di userform . kalau di user form cuma untuk mencari yang sdh dientry saja yg akan di print di sheet tsb. ( tolong di kasih kodenya )

trim banget sukses selalu

Subhan mengatakan...

Terima kasih penjelasannya pak. Kalau gurunya kaya gini sih, InsyaAllah tidak ada siswanya yang gak pinter. AMIN

Subhan mengatakan...

Lanjut tutorialnya pak guru.
Bagaimana cara buat list mapel seperti di input nilai. Trus, kok bisa berubah-ubah data ditabel nilai ketika mengganti mapel lain? Padahal cell-nya tetap sama. Tutotialnya yang for dummies ya. Terima kasih

excell mengatakan...

Untuk list mapel, itu menggunakan comboBox. tutorialnya ada di :
http://excelheru.blogspot.com/2012/02/memanfaatkan-combobox-pada-form-control.html

Perubahan yang terjadi pada nilai yang dipilih melalui ComboBox, akan mengaktifkan sebuah prosedur (yang dalam program saya diberi nama "Sub TampilInput"). Alur kerja dari sub Tampil Input adalah sebagai berikut:
1. Kosongkan semua nilai di sel G6:J41
2. Carilah kolom di sheet "PROSES" yang menunjukkan nilai sebagaimana dipilih dari ComboBox
3. Copy 4 kolom yang dimaksud di poin 2 ke sel G6:J41. Yang dikopi hanya nilainya saja.

Kode SUb TampilInput silahkan dilihat di VBA Editor file tsb, pada module "Utility"

Sub TampilInput erat kaitannya dengan Sub SImpanKeTabel. Jadi yang terjadi di balik layar ketika kita meng-klik tombol Simpan adalah:
1. Menentukan nilai index dari mapel yang dipilih
2. Mengkopi nilai yang ada ke Tabel Induk yang ada di sheet "PROSES". Tentunya proses mengkopi ini harus ditempatkan di kolom yang sesuai dengan mapel pilihan.
3. Melakukan aksi yang diperintahkan oleh Sub TampilInput untuk menampilkan nilai yang sudah disimpan di tabel Induk.

Dalam proses meng-input nilai seperti pada program saya, yang perlu dipahami adalah, bahwa ada sedikitnya 3 alur program, yakni Input, Proses dan Output. Ketika kita menginput nilai, maka nilai yang diinput diProses dengan memasukkaanya ke tabel penyimpanan permanen (dalam hal ini di sheet "PROSES"). Masalah menampilkannya jadi gampang, yakni mengambil data dari tabel penyimpanan dan menampilkannya di range yang ditentukan.

Masalah input dan Output ini pernah saya bahas di :
http://excelheru.blogspot.com/2011/11/form-input-sekaligus-sebagai-form.html

Kode-kode pokok yang penting dikuasai dalam proses ini adalah penggunaan fungsi OFFSET. Fungsi OFFSET dalam VBA hampir sama dengan fungsi OFFSET dalam excel. Jika kita paham OFFSET di sheet, maka akan mudah memahami fungsi OFFSET di VBA. Dalam hal ini fungsi OFFSET saya gunakan untuk mencari kolom berapa yang akan dikopi sesuai dengan mapel pilihan.

Saya kira begitu. Memang berselancar di dunia VBA bagaikan mengarungi samudera luas yang tiada batasnya.

Subhan mengatakan...

Mumet juga ya.... but that's oke. For knowledge. BTW thanks mr.teacher

Aziz mengatakan...

Mas, aku sedang bikin database. Salah satu kaidah database adalah, bahwa data yang sudah dimasukkan pada suatu cell, tidak bisa dirubah lagi kecuali oleh adminnya..

Bisa ga sih dibuat VBA-nya, bahwa kalau data dimasukkan dalam suatu cell, setelah enter, maka data tersebut tidak bisa dirubah alias terprotect dengan password : 123..?

excell mengatakan...

Kalau secara langsung, saya sendiri belum bisa membayangkan caranya.
Namun ada trik yang mungkin bisa dijadikan solusi, yakni dengan membuat tabel control.
Misalnya yang mau kita batasi ada pada "Sheet1" Range "A1:A5", lalu kita buat data control di "Sheet2" range "A1:A5".
Dengan begitu, Kode berikut bisa jadi alternatif (di taruh di Sheet1 Module):

Dim rControl As Range
Private Const sayang = "123"

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Set rControl = Sheets("Sheet2").Range("A1:A5")
If Target.Count = 1 Then
If Target.Column = 1 Then
If Target.Row > 0 And Target.Row < 6 Then
If rControl(Target.Row, 1) = vbNullString Then
rControl(Target.Row, 1) = Target.Value
Else
If rControl(Target.Row, 1) = Target.Value Then
Exit Sub
Else
Tanya = InputBox("Passwordnya dong..!!!")
If Tanya = sayang Then
rControl(Target.Row, 1) = Target.Value
Else
MsgBox "Password salah. Nilai tidak bisa diubah"
Target.Value = rControl(Target.Row, 1)
End If
End If
End If
End If
End If
End If

End Sub

Dengan cara ini, maka ketika nilai di sheet1!A1:A5 masih kosong, admin bisa memasukkan nilai apa saja. Ketika sudah terisi, maka nilai-nilai tersebut direkam di tabel control. Nah, ketika satu sel diubah nilainya, maka keluar kotak input untuk memasukkan password. Jika password benar, maka perubahan nilai disetujui, jika password salah, maka nilai akan kembali seperti semula.

Kira-kira begitu.

Aziz mengatakan...

Sudah aku coba & mantap sih mas, cuma aku kesulitan merubah sedikit codingnya, karena yang mau aku protect adalah kolom A s/d G, & barisnya sampai dengan 10,000 baris...

Jadi yang mana yang harus aku rubah codingnya, ya Mas...?

Tolong kalau ga keberatan, kasih penjelasannya yah, Mas. Tks

Subhan mengatakan...

Pak guru, saya punya pemikiran agar di sheet AWAL terdapat pilihan BUAT DATA BARU dan PERBAHARUI DATA.
Kalau memilih BUAT DATA BARU berarti menghapus seluruh data yang ada (data kosong seperti baru).
Kalau memilih PERBAHARUI DATA berarti hanya menambah atau mengurang data yang sudah pernah dibuat (Cuma berpindah ke sheet).
Punya solusi macronya gak?

excell mengatakan...

Sepertinya tinggal merubah persyaratan Target.Row dan Target.Column.

If Target.Column < 8 Then
If Target.Row < 10001 Then
dst
dst
End If
End If

Kemudian untuk kolom tabel control disesuaikan

excell mengatakan...

maksud data baru, apa hanya data siswanya atau data yang lainnya?

Subhan mengatakan...

Semuanya pak. Data siswa, nilai, kepribadian dan kehadiran, dan lainnya. Sedangkan blankonya masih utuh.

excell mengatakan...

Oke. akan dipikirkan caranya. Tapi tentu butuh waktu yang tidak singkat

Subhan mengatakan...

Terima kasih pak guru.

Aziz mengatakan...

Ok mantap deh Mas...

Terima kasih yah Mas...

Aziz mengatakan...

Mas, pada windows 7 ultimate-ku, aku mau nambahin componen DTPicker, saya lihat di references-nya kok ga ada file mscomct2.ocx-nya yah....?

Aku coba copy-kan dari Windows XP, tp kok tetap ga kebaca di references-nya yah...? sehingga DTPicker tetep ga mau tampil di List Component-nya..

Gimana caranya munculkannya yah...?

Terima kasih sebelumnya

excell mengatakan...

Apakah sudah diregister?
Cara registernya adalah:
1. Start --- All Program
2. Accessories ---
3. Klik kanan Command Prompt. --- Pilih Run as Administrator
4. Ketika regsvr32 MSCOMCT2.OCX
5. tekan enter
selesai

excell mengatakan...

Kalau masih belum bisa, gunakan file MSCAL.OCX bukan MSCOMCT2. Kalau nggak ada bisa didownload di sini:
http://www.gmayor.com/downloads.htm

Lalu kopikan ke Windows/System32

Lalu Register:
1. Start -- All Program -- Accesories
2. Klik kanan Command Prompt -- Run as Administrator
3. ketik cd Lalu ENnter
4. ketik regsvr32 MSCAL.OCX lalu enter
Selesai

Aziz mengatakan...

Ok Mas, trik yang mas berikan sudah berhasil...
Setelah saya copy-kan ke System32, baru berhasil di registrasikan...
Tks Mas....

Reda mengatakan...

Mas, bisa ga sih fungsi-fungsi excel seperti :

=sumif(blak-blak;blak-blak;blak-blak)

=vlookup((blak-blak;blak-blak;blak-blak)

diterjemahkan dalam bahasa macro dengan hasilnya berupa value (bukan formula)...?

excell mengatakan...

Bisa dengan memanfaatkan WorksheetFunction.
Misal sel D4 mau diisi angka hasil rumus:

ActiveSheet.Range("D4").Value = WorksheetFunction.SumIF(blablabla,blablabla)

Hasilnya nanti berupa nilai, bukan formula

Reda mengatakan...

Saya coba pelajari macro yang Mas Heru arahkan & coba mencari di object browser, yang aku dapat penulisan fugsi sumif harus tersusun seperti dibawah ini :

Function SumIf(Arg1 As Range, Arg2, [Arg3]) As Double

Yang dimaksud Arg1, Arg2 Arg3 itu maskudnya gimana ya..?


Aku coba terjemahkan dan mencoba bikin macronya dengan coding :
'======================================================================
Sub menjumlah()
Dim Arg1 As range
Dim Arg2 As range2
Dim Arg3 As range3

Arg1 = Sheet1.range("A2:A100")
Arg2 = Sheet1.range("F3")
Arg3 = Sheet1.range("B2:B100")
Sheet1.range("G3").Value = WorksheetFunction.SumIf(Arg1, Arg2, Arg3)
End Sub
'=======================================================================

Hasilnya : Compile Error terus...
mohon pencerahannya ya, Mas...

Tks

excell mengatakan...

Objek bernama "Range" dalam VBA artinya sama dengan Range di Excel. Permasalah muncul karena ada pendeklarasian Variabel yang tidak dikenal, yakni "Range2" dan "Range3", sebab yang dikenal VBA hanya "Range" atau saja, tanpa ada tambahannya.

Jadi permasalah di atas bisa diatasi dengan membuat tambahan angka "2" dan "3" pada variabel range.

Sementara untuk Arg1, Arg2, Arg3 sama dengan SUmIf di Excel, yakni Arg1 mewakili elemen range, Arg2 mewakili elemen Criteria, dan Arg3 mewakili sumRange. Bisa diperhatikan bahwa Arg3 bersifat Opsional (ada tanda kurawal), artinya boleh ada boleh tidak ada.

Mudah-mudahan membantu

excell mengatakan...

Kode lengkapnya:
Sub menjumlah()
Dim Arg1 As range, Arg2 As range, Arg3 As range

Set Arg1 = Sheet1.range("A2:A100")
Set Arg2 = Sheet1.range("F3")
Set Arg3 = Sheet1.range("B2:B100")
Sheet1.range("G3").Value = WorksheetFunction.SumIf(Arg1, Arg2, Arg3)
End Sub

Perlu juga dipahami bahwa untuk mengeset objek berupa range, harus didahului dengan kata "Set"

Reda mengatakan...

Iya, Mas...
Sudah ok banget deh penjelasannya..
Tks atas arahannya yah,

ial mengatakan...

mas mau tanya nic mas, gmn ya kode vba-nya klo kita mau menjumlahkan data pada sheet1 tapi hasilnya muncul di sheet2, kode vba-nya gmn ya?? mohon pencerahannya mas..

Reda mengatakan...

Mas, aku punya usul, kupas masalah progress bar dong....
biar nambah ilmu-ilmu kita....

Tks

Abd. Rohim mengatakan...

Pak Guru, saya mau tanya.
Saya ingin tahu formula apa yang bisa dipakai untuk range dg ketentuan sbb:
Jika pada cell A1 diisi nilai antara 75 s/d 100 maka pada cell B1 terisi MD (mudah);
Jika pada cell A1 diisi nilai antara 50 s/d 74 maka pada cell B1 terisi SD (sedang);
Jika pada cell A1 diisi nilai antara 0 s/d 49 maka pada cell B1 terisi SK (sukar);
Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih.

excell mengatakan...

Ada beberapa formula yang bisa dipakai:

=LOOKUP(A1,{0,50,75},{"SK","SD","MD"})
=CHOOSE(MATCH(A1,{0,50,75},1),"SK","SD","MD")
=IF(A1>74,"MD",IF(A1>49,"SD","SK"))

Abd. Rohim mengatakan...

Terima kasih atas bantuannya, mudah-mudahan amal bapak dibalas Alloh dg pahala berlipat ganda, lebih-lebih di bulan Ramadhan yang penuh barakah. Amin.

Ahmad Idrus mengatakan...

Asswrwb
mas heru saya udh download yg 15 kelas n coba diubah jadi 24 kelas tp ga bs nih mas. bisa dbantu ga di share yg 26 kelas atau lebih? saya juga tgs di MA di palembang. kasihan di waka kurikulum pusing trus saat susun jadwal pelajaran. mohon bantuannya terimakasih. jika berkenan mohon dkirim man3ict@gmail.com
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Abd. Rohim mengatakan...

Ass. Wr. Wb.
Pak Heru, saya mau tanya lagi. jangan bosan ya pak.
Saya punya Rumus: =COUNTIF(M12:M51;"B")
Yang saya inginkan, jika M12;M52 tidak terisi "B" maka sel tidak terisi angka nol (sel kosong tidak terisi apapun)
Wass. Wr. Wb.

excell mengatakan...

Wah, contoh saya hanya untuk 15 kelas saja. yang 24 kelas bukan saya yang buat pak.

excell mengatakan...

=IF(COUNTIF(M12:M51,"B")=0,"",COUNTIF(M12:M51,"B"))

atau bisa menggunakan Conditional Formatting.
1. Blok Sel yang mau diformat
2. Pada menu RIbbon Home, pilih Conditional Formatting --> New Rule --> Format only cells that contain
3. Pada bagian edit, Pilih : Cell Value --> equal to . Lalu Isikan angka 0
4. Klik tombol Format --> Font --> Color --> Pilih warna putih (atau menyesuaikan)
5. OK

Abd. Rohim mengatakan...

Wah, terima kasih banyak Pak Heru. Jangan bosan membantu dan menjawab pertanyaan saya ya Pak, sebab mungkin saya akan sering bertanya pada Bapak. Maklum saya ingin belajar dan tahu lebih banyak tentang excel.

Anonim mengatakan...

Selamat siang pak Heru..
Sy Vina, gini pak sy bikin laporan transaksi di excel. Dalam 1 file itu terdapat bbrp sheet yg saling terkait, agak kesulitan 'ngakalin' vlookup yg case sensitive. Jadi sy pny sheet kategori yg isinya 1 tabel terdiri dr 2 kolom kode n nama kategori, ilustrasinya:
kolom nama kategori:
kubus
lingkaran
persegi
segitiga siku2
segitiga samasisi
segitiga ke (n)
Data dr sheet kategori tersebut sy pakai di sheet transaksi dengan menggunakan dropdown cell, smcm filter gitu.. Ketika sy memilih kategori segitiga pengennya semua data yg mengandung kata 'segitiga' muncul, gmn ya pak? Soalnya tidak ada masalah saat sy memilih kategori yg terdiri dari kata tunggal (lingkaran)
Mohon bantuannya n terima kasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Ass. Wr. Wb.
Terima kasih bapak atas posting ilmunya, semoga Allah SWT membalas budi baik bapak.... amin...
hatur nuhun... manfaat pisan.....

Wass. Wr. Wb.

Anonim mengatakan...

Pak Heru,,tolong dibantu Y..
gimana caranya menampilkan isi sel
jika sprti ini :
A B
Nama Soal dan bobot
1 2 3
4 3 1
1. Evan 4 3 1
2. Fira 1 1 1

sy ingin menampilkan,nama dan jumlah nom soal dan jmlh skor yang kurang dari ditetapka.

trim sblemnya
sukses selalu..

excell mengatakan...

Agak sulit memahaminya ya. Coba kirimkan filenya via email, mungkin lebih mudah

Sdit tamaddun mengatakan...

Ass,Mas haeruddin saya lagi nyari aplikasi untuk keuangan sekolah untuk beberapa pembayaran Ex:SPP,KBM,GEDUNG,BUKU PAKET DLL.

Kalau bisa di buatkan atau beli?terus biayanya berapa?

Trimakasih sebelumnya


Topan
Wonosari GK

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mas. mw tanya kalo kita bikin kwitansi, ada ga caranya agar bisa terekap secara otomatis di worksheet berbeda...
karena kalo udah bikin kwitansi, kita juga harus ngrekap lagi per hari itu, biar bisa mengurangi pekerjaan gitu mas...
dimohon bgt jawabanya..
terimakasih

Subhan mengatakan...

Ketemu lagi pak guru. Mau nanya nih. Bagaimana Kode Macro untuk Copy dan paste value. Dijawab segera ya.

excell mengatakan...

Range("A1").Copy
Range("A2").PasteSpecial xlPasteValues

Anonim mengatakan...

Mas, mohon informasinya sebaiknya mengunakan rumus apa jika saya input harga dan tahun nantinya rumus tsb mencari hasil outputnya dari tabel range harga dan tahun.

Mohon penjelasannya ya mas...

Subhan mengatakan...

Pak guru, Macronya bisa di rubah gak? Pilih cell-nya sembarang dan tempat paste value-nya juga sembarang.

Ade Rahmatilah mengatakan...

Assalamu'alaikum

Pak Guru Aplikasi ini sangat bagus sekali, Subhanallah

Bisa gak digunakan di Sekolah saya??
Mohon bantuannya
Syukron

Anonim mengatakan...

Pak Heru, saya Abd. Rohim dari Gresik.
Bagaimana cara memprotek sebuah sheet yang sudah kita tentukan Print Areanya agar tidak bisa diubah dan tidak bisa diprint selection kecuali print area yang telah kita tentukan saja, dg catatan masih tetap bisa kita pilih/blok range yang kita inginkan.
Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Anonim mengatakan...

Pak Heru, saya mau tanya nih, toloooong dijawab, yaaaah....
Saya punya 2 sheet,
Sheet1 disembunyikan.
Sheet2 berisi tombol perintah print dg rumus:
Worksheets("Sheet1").PrintOut from:=1, to:=1
Ketika ditekan tombol perintah print ternyata eroooor.
Dimana salahnya ya...?
Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih banyuuaaak sekaleee.

excell mengatakan...

kemungkinan error terjadi karena masalah di printernya. Cobalah printer yang akan digunakan untuk mencetak dijadikan sebagai default terlebih dahulu.

Anonim mengatakan...

Pak Heru, saya Rara dari Surabaya ingin bertanya.
Saya punya SheetA dan SheetB.
Range B10:B12 sheetB terisi data dari range B10:B12 SheetA.
Pertanyaanya, bagaimana kode VBA nya,
- Jika B10 sheetA disi data, maka baris 11-12 sheetB hidden.
- Jika B11 SheetA diisi data, maka baris 12 SheetB hidden.
Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

prazt mengatakan...

assalam...
mas heru saya mau minta tolong untuk masalah saya, begini saya membuat data PPDB dengan menggunakan UserForm, tetapi setelah saya buat kok UserFormnya kagak bisa tampil ya, padahal sudah saya panggil, dan kode UserFormnya saya adopsi dari Alm Ctv di milis Excel..file terlampir https://www.dropbox.com/s/ij3s4zi0ik2p7do/COBA%20buku%20induk%20-%20SIAP%20PAKE%20-%20Copy%20-%20Copy.xlsb

excell mengatakan...

Ada beberapa hal yang menyebabkan Userform "Ngembek", gak mau muncul.
1. Penulisan beberapa objek keliru, contoh cboJenisKelamin, harusnya CboJenisKlamin.

2. Besae dimensi BoxIsian, belum diubah dari aslinya, yakni 12. Padahal yang diinginkan sampai 67, bukan?

3. Pada prosedur "ArrayMyControls", Variabel BoxIsian tidak berurutan, contoh BoxIsian(2) kan nggak ada. Sehingga ketika dipanggil dengan prosedur Looping for N = 1 to 67, program jelas error.

Kemudian setelah saya amati, besar file adalah 3.8 MB. Sangat tidak wajar, terlalu besar. Setelah dicek, ternyata pada sheet "DataSiswa" bermasalah. Yakni, range yang terpakai sampai row 1048576 atau sampai batas akhir row yang tersedia. Hal ini terjadi mungkin tidak secara sengaja. Karena kayaknya yang dibutuhkan sampai row 634 saja.
Saya coba perbaiki, dan hasilnya: kapasitas file berkurang hingga menjadi 1.7 MB saja. Dengan begitu, maka proses loading file dan proses menyimpan file akan menjadi lebih cepat.

ddkurniaofficial mengatakan...

asslamkm wr. wb.
pak, saya mo minta tolong, bagamana cara syntax macro untuk kasus ini:
di sheets 1 ada data isisan yang terdiri dari beberapa isisan, misal saya ingin menginput nilai untuk setiap mata palajaran cell A1:A10, tapi mata pelajaran tersebut saya buat LIST Drop Down , terus hasilnya secara otomatis ada di sheet 2 sesuai dengan tiap Mata pelajaran.

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb
salam kenal pak.alhamdulillah postingan tentng jadwal pelajaran (http://excelheru.blogspot.com/2011/11/jadwal-pelajaran-sekolah-maks-15-kelas.html)sangat bermanfaat bagi kami.namun kami ada beberapa hal yang menjadi permasalahan bagi kami (maklum kami ga begitu paham dengan rumus2 excel) yaitu disekolah kami 1 pelajaran bisa diajar oleh 2-3 orang guru pada jam yang sama (misal,pelajaran Al Qur'an).barangkali bapak berkenan membantu kami tentu kami sangat berterima kasih.syukron dan afwan sebelumnya...

Anonim mengatakan...

PAK SAYA MAU TANYA..
SYA TU MEMBUAT MENU PRIN DI EXCEL DENGAN MACRO, KETIKA SAYA RUN, ITU BISA BERJALAN TETAPI KETIKA SAYA KLIK MENU PRINT KOK TIDAK BISA DENGAN KETERANGAN DISSABLE.. MOHON BANTUANNYA..

BRAJA mengatakan...

Salam kenal Pak Heru saya dari http://brajatechnology.blogspot.com, terima kasih banyak sharenya.





Unknown mengatakan...

Om Heru yang baek hati, mau tanya donk, saya bikin combo box dari ActiveX Control dengan data range bulan Jan - Des dengan format date. masalahnya adalah kenapa di dropdown list dan output cell-nya yang tampil jadi text?

Bisakah dirubah menjadi format date?

Terimakasih sebelumnya Om Heru.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...
Tranks Pak, semalaman saya dibbuat tidak tidur oleh ilmu anda ini. tapi saya sangat senang, anda sangat terbuka tentang penjabaran serta password sekalipun.
Terimakasih BGT Dech...

Salam Kenal
IKSAN_Probolinggo

Ano Antares mengatakan...

Assalamu'alaikum Pa Guru.
Saya orang pangandaran yang sangat tertarik dengan postingan-postingan pa guru.Subhanalloh sungguh ilmu yang bpk share sangat bermanfaat.Saya sangat tertaarik sekali dg excel yg ada identitasnya seperti raport dan kalender kreasi bapak. Saya dah donlot Costum UI tp gak bis menggunakannya masalahnya 1 sy gak paham bahasanya orang kulit putih berhidung mancung.Kalo gak keberatan tolong bagi ilmunya cara pembuatannya.
Share ke anonrapus@gmail.com

Trm's
Salam kenal
Ano Suparno

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Pa Guru.
Saya orang pangandaran yang sangat tertarik dengan postingan-postingan pa guru.Subhanalloh sungguh ilmu yang bpk share sangat bermanfaat.Saya sangat tertaarik sekali dg excel yg ada identitasnya seperti raport dan kalender kreasi bapak. Saya dah donlot Costum UI tp gak bis menggunakannya masalahnya 1 sy gak paham bahasanya orang kulit putih berhidung mancung.Kalo gak keberatan tolong bagi ilmunya cara pembuatannya.
Share ke anonrapus@gmail.com

Trm's
Salam kenal
Ano Suparno

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Pak Guru
Saya mau tanya nih, saya mau buat form input sekaligus out put seperti yg Bapak buat, tapi saya ingin yang lain yaitu dengan menambahkan mapel disetiap kelas sehingga setiap data yang saya input akan tersimpan dishet kelas pada kolom mapel, sesuai mapel yang kita input, mohon Bantuannya semoga Bapak berkenan memberikan solusinya.
Terima kasih
Wassalamualaikum

Anonim mengatakan...

Makasih banyak pak sudah berbagi ilmunya.....GBU

Anonim mengatakan...

Mat siang pak...
Saya Tommy dari Flores-NTT. Saya hanya mau ngucapin terima kasih atas ilmunya yang sudah mau berbagi. Semoga Tuhan memberkati...atas budi baiknya.

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb
Pak Guru, saya zen dari Karawang...saya lumayan sering mengunjungi blog pak guru ini, saya sedang mempelajari apa dan bagaimana itu vba...dari sekian banyak pengunjung kemungkinan besar saya orang yang paling kebingungan dengan vba...saya sudah berusaha browsing apa itu vba tapi belum faham juga bahkan apa itu string, boolean, single, juga saya belum faham. Dengan segala kerendahan hati saya mohon penjelasan dari pak guru. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

salut dengan blog anda

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum bapak
saya waqi'ah alumni dari ma mambaul ulum 2.
sebelumnya saya minta ma'af pak,saya mau tanya NISN sya pak,karna ada kepentingan.

Issa Kurniawan mengatakan...

Pak, saya Issa dari Cianjur.
Saya pusing masalah combobox, saya membuat form input SPP yang baru, combobox1 saya namakan KLS, combobox2 saya namakan NAMA, yang saya bingung bagaimana memunculkan nama berdasarkan kelas...saya otak atik punya bapak, malah makin pusing saya...mohon tutorialnya ya Pak...
e-mail saya issa.kurniawan@gmail.com
terimakasih Pak...

Issa Kurniawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Saya sudah coba menggunakan cara dari bapak. Tentang menyembunyikan sheet. Hanya saja ketika sheet itu dipanggil melalui hyperlink ke ga muncul. Tapi ketika sheet itu di unhide bisa. Bagaimana Neph solusinya. Kasuwun pak.

Eva Rahmawati mengatakan...

betapa ruginya saya baru mengenal blog Bapak. Saya tidak tahu harus belajar dari mana. Saya hanya punya obsesi ingin membuat aplikasi untuk pembayaran di sekolah saya. Aplikasi yang dari bapak saya download, tapi ketika ingin menambahkan fitur sehingga bukan hanya spp saja, saya ndak athu harus bagaimananya. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Maaf... Pa Heru, salam kenal, saya dedi, saya tertarik dengan tutorial bapa mengenai VBA, ada yang ingin ditanyakan mengenai VBA, tapi pertanyaannya ada di file, kalau boleh saya akan mengirimkan contoh filenya... maaf kira-kira bisa ga saya kirim filenya ke email bapa

Akademik mengatakan...

pa.. saya setia sm JMT, tp skrg setiap sy pilih worksheet malah jadi hank.. mohon bantuannya

prazt mengatakan...

mohon bantuan Mas Heru;
jika pada sheet1 cell E4 saya kasih formula =IF((B4+B5)<>2;"dikira mudah";"ok-324-b3r35")dan cell F4 saya kassih formula =IF((Sheet2!C4-Sheet2!C5)<>4;"ilegal";"ok-324-b3r35". jika hasil dari E4 dan F4 berbeda (seperti file terlampir https://www.dropbox.com/s/8n02e4i4lp2x13x/beda%20langsung%20keluar.xlsb )maka Workbook otomatis langsung keluar(close) tanpa menyimpan, bagaimana VBAnyamas heru ?

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum Wr Wb
Salam kenal...saya dari Jember
saya ingin sekali belajar exel...kan masih belum terlambat untuk belajar exel...saya sehari-harinya sebagai staf Tata Usaha di SMK Teknologi Balung...saya ingin belajar vba exel...guna menunjang tugas-tugas saya...sungguh saya merasa terlambat mengetahui blog bapak...dan saya tidak tahu harus darimana saya memulainya...saya hanya menginginkan sebuah aplikasi administrasi persuratan...tapi saya bingung untuk memulainya...

odiet silung mengatakan...

assalamu'alaikum... dan salam kenal mas heru, mohon bantuannya, bagaimana caranya menentukan rangking jika terdapat nilai yang sama dari data yang disortnya, untuk konfirmnya dan contoh kasusnya mohon email ke odiet.silung@gmail.com, nanti akan saya kirimkan datanya...

terima kasih sebelumnya

imamtob mengatakan...

Assalamu'alaikum WR. WB.
Yth Bappak Heru
saya mau kosultasi, berkenaan dengan postingan Bapak yang ini: http://excelheru.blogspot.co.id/2012/02/membuat-form-login-untuk-membatasi.html
Kok passwordnya harus huruf ya Pak? bagaimana caranya agar bisa diisi angka.
Terimakasih atas kesediaan Bapak utuk menjawab.
Semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak, dengan balasan yang sebaik-baiknya.
Aamiin