Senin, 24 Oktober 2011

Menghilangkan Sisa Kolom dan Baris yang tidak terpakai

Lihat tampilan sheet di atas. Kolom setelah H dan baris setelah 13 hilang, bak ditelan bumi. Kemana larinya ya? Gimana bikinnya?
Trik singkat ini menggambarkan cara membuat sheet seperti di atas, yakni MENGHILANGKAN (tepatnya menyembunyikan) sisa kolom dan baris yang tidak terpakai.


Misal data yang kita buat ada di sel A1:H13. Sehingga kita akan menyembunyikan kolom I sampai XFD serta baris 14 sampai baris 1.048.576. Kita mulai terlabih dahulu menyembunyikan kolom.




  • Blok Kolom I, lalu tekan Ctrl+Shift+-> (panah ke kanan) di keyboard. Ini akan memblok kolom I sampai XFD. Lalu klik kanan, pilih Hide.
  • Blok Baris 14, lalu tekan Ctrl+Shift+Panah_Bawah. Ini akan memblok baris 14 sampai akhir baris. Lalu klik kanan, pilih Hide.


Selesai....!!!!!


Untuk menampilkannya kembali, Klik Ctrl+A, ini akan memblok seluruh sel, Klik kanan di bagian huruf kolom, pilih Unhide. Klik kanan di nomor baris, pilih Unhide.



Artikel Terkait:

3 komentar:

Samsir Noor Alamsyah mengatakan...

sip.ilmu baru gan,thank...,salam kenal

Anonim mengatakan...

terima kasih pak ilmunya, tentang menyembuyikan bebrapa kolom dan baris hanya dengan 2 langkah

vhifoe mengatakan...

weh saya sering hide tuh baris ma kolom .tapi pas mo nambah lagi ga bisa , akhirnya ganti sheet. baru tahu saya.. salut...............maju terus