Kamis, 09 Februari 2012

Program Pembayaran SPP Sekolah

Kali ini ExcelHeru mencoba melansir aplikasi baru yakni Administrasi Pencatatan Pembayaran SPP sederhana. Aplikasi ini "dipaksa" menggunakan UserForm, karena penulis lagi belajar penggunaan UserForm. Jadi baik tampilan maupun kode-kode macro yang dipakai betul-betul masih sederhana, tidak canggih-canggih amat. Maklumlah programmer-nya masih amatir.
Berikut tampilan utama program:




Berikut tampilan salah satu fitur:




Program ini, bersifat GRATIS. Boleh di-edit oleh siapa saja asalkan bertujuan baik. Boleh didistribusikan, Boleh ditambah, dikurangi. Dihapus juga tidak apa-apa. 
Sheet yang diprotect tidak diberi password, jadi kalau mau di-edit tinggal diUnprotect saja.
VBA-nya diprotect dengan password 123456
Proteksi pada VBA ini boleh dihapus, boleh diubah. Proteksi ini sengaja dibuat agar user yang tidak berkepentingan tidak mengakses kodenya. Kalau memang berkepentingan ya silahkan saja.


Berhubung program ini hasil coba-coba, maka jangan langsung digunakan, tapi dicoba terlebih dahulu. Bila ada error atau kekurangan harap segera melaporkan, baik melalui komentar di posting ini atau melalui email. Karena terus terang, saya masih sangat minim pengetahuan tentang bahasa pemerograman, dan tidak punya staff khusus untuk meng-ujicoba program.


Oke, file bisa di-Download di sini, atau di BoxNet pada Sidebar.



Artikel Terkait:

105 komentar:

Blog Risna mengatakan...

TERIMA KASIH KAWAN...

BANYAK SEKALI SAYA BELAJAR DARI BLOG INI...

SAYA MENGIRA SEBELUMNYA BAHWA EXCEL CUMA BISA BUAT TABEL DENGAN KOLOM2 BIASA... TERNYATA BISA DI BUAT SEPERTI PROGRAM... LUAR BIASA

LANJUTKAN HERU...SAYA BUTUH POSTINGAN BERIKUTNYA

excell mengatakan...

Terima kasih juga.
Saya juga masih taraf belajar di sela-sela kesibukan. Sehingga, masukan, kritik serta saran dari pembaca sangat diharapkan, agar saya tetap punya ide untuk posting-posting berikutnya.
Salam untuk Anda dan keluarga....!!!

mazguru mengatakan...

Mantap Pak, aplikasi excel panjenengan.

Saya belajar banyak mengenai excel di blog ini

excell mengatakan...

terima kasih mazguru.
saya tidak punya basic programming yang baik. jadi kode-kodenya banyak yang masih perlu disempurnakan.

Wawan Tawon mengatakan...

makasih mas udin...nambah inspirasi nih utk file2 excel saya

excell mengatakan...

sama-sama mas wawan

Anonim mengatakan...

mas mau tanya..kelasnya di ganti tapi datanya kok tidak masuk di rekap kelas.kenapa ya?terima kasih sebelumnya

excell mengatakan...

Pada sheet Rekap Per Kelas, setelah memilih kelas, lalu klik "Show Laporan".
Saya sudah coba berkali-kali dan berhasil kok

Ardani mengatakan...

cara mengedit VBA nya gimana pak bos, maklum newbie

excell mengatakan...

Tekan Alt+F11, maka kita akan masuk ke VBA Editor. Disitulah kita bisa mengedit kode-kode VBA=nya

MGMP PAI SMK PBG mengatakan...

Salam kenal bos, banyak ilmu dari blog ini, terima kasih banyak. oya tanya ni, setelah input spp pas di cetak kuitansi kok nama dan kelasnya kok gak berubah, gimana ya ?

excell mengatakan...

Salam kenal juga.
Terima kasih telah memberikan respon. Memang hal seperti inilah yang kami harapkan dari pembaca. Karena terus terang, saya tidak punya staff untuk meng-ujicoba program, sehingga berbagai kemungkinan error atau kekurangan sulit dideteksi.
Permasalahan cetak kuitansi memang merupakan kelemahan dari program ini. Untuk memperbaikinya, maka perlu ditambah kode pada program.
Caranya:
1. tekan Alt+F11, masukkan password "123456" (tanpa tanda petik)
2. Cari Forms
3. Klik Kanan FormInputBayar. Pilih View Code
4. Carilah Private Sub CmdSimpan_Click()
5. carilah kode With Sheets("Sheet1")
6. Tambahkan kode berikut ini, tepat di bawahnya:
.Range("E4").Value = CbNamaSiswa.Value
.Range("E5").Value = CbKelas.Value
.Range("E6").Value = NoInduk.Value
.Range("E9").Value = T1.Value
.Range("E10").Value = T2.Value
.Range("E11").Value = T3.Value
.Range("E12").Value = T4.Value
.Range("E13").Value = T5.Value
.Range("E14").Value = T6.Value
.Range("j9").Value = T7.Value
.Range("j10").Value = T8.Value
.Range("j11").Value = T9.Value
.Range("j12").Value = T10.Value
.Range("j13").Value = T11.Value
.Range("j14").Value = T12.Value
7. Simpan Excel. Silahkan dicoba...

MGMP PAI SMK PBG mengatakan...

syukron katsir bos, dah jadi. Nambah lagi ya, di sekolahku kan ada pembayaran SPP, uang praktek, dan dana lain-lain (modul,les,kesiswaan), kalau ditambah itu bisa ga ya? terus rekaman pembayaran itu direkapnya juga muncul. gimana ya? terima kasih sebelumnya.

excell mengatakan...

Pada dasarnya bisa. Tinggal menambah TextBox untuk pembayaran sekali bayar, dan untuk yang per bulan, tetap menggunakan texbox yang ada, hanya membuat pilihan jenis pembayaran menggunakan ComboBox.
Untuk rekap, sebenarnya bisa menggunakan fasilitas AdvancedFilter yang sudah disediakan oleh Excel (direkam dulu macronya, baru di-edit sesuai kebutuhan).

Pada awalnya memang saya mau membuat aplikasi pembayaran semua jenis, namun karena karakteristik pembayaran tiap sekolah berbeda-beda, maka saya buat untuk SPP saja. Sambil terus belajar, insyaAllah masing-masing kita bisa membuat aplikasi sesuai kebutuhan di sekolah kita masing-masing.
Dan menurut saya, Excel sangat bisa diandalkan untuk keperluan berbagai macam administrasi di sekolah.

aries.setiawan1985@gmail.com mengatakan...

Salam kenal....Alhamdulillah saya mau coba pake ya pak...semoga imu bapak terus bertambah dan diberikan rahmat....

Andri Sodikin Blog mengatakan...

salam kenal. mas boleh minta ilmunya gimana caranya buat menu yang muncul otomatis seperti program spp. menu inputnya pembayaran spp nya langsung bisa muncul. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. mohon bantuannya.

excell mengatakan...

OK. Salam kenal juga

excell mengatakan...

Salam kenal mas Andri.
Untuk memunculkan userform secara otomatis ketika workbook dibuka, dilakukan dengan memanfaatkan salah satu workbook even yang sudah disediakan VBA, yakni Private Sub Workbook_Open().

Kodenya misal:
Private Sub Workbook_Open()
Userform1.Show
End Sub

Dengan kode seperti di atas, maka setiap kali file dibuka, maka userform dengan nama "Userform1" akan ditampilkan.

Perlu diingat, bahwa even Workbook_Open ditempatkan di ThisWorkbook module, bukan pada module tersendiri.

Andri Sodikin Blog mengatakan...

Terima kasih Mas Udin. Ilmunya bermanfaat sekali buat saya. sekali lagi terima kasih.

Andri Sodikin Blog mengatakan...

tapi boleh minta contohnya gk saya udah coba tapi tidak berhasil.

Anonim mengatakan...

SALAM KENAL.mas boleh minta ilmunya gimana caranya TAMBAHKAN NAMA SEKOLAH .KEBETULAN DI PONPES ADA SEKITAR 6 SEKOLAH SD1,SD4,MTs.SMP,SMA DAN MADRSAH ALIYAH.TRIMAKASIH.
Semoga imu bapak terus bertambah SEPERTI AIR SUMUR yg tidah ada habisx :)

excell mengatakan...

Salam kenal. Program ini memang didesain hanya untuk satu sekolah saja. Kalau mau digunakan untuk sekolah lain, kan tinggal kopi paste, hehehe

Jadi kalau memang satu workbook mau digunakan untuk beberapa sekolah, sepertinya harus dirancang mulai awal. Sulit kalau mau meng-edit dari workbook yang ada.

Terima kasih

Nancy mengatakan...

Dahsyat, Pak. Program ini sangat menginspirasi saya untuk membuat program yang sama seperti bapak. Selama ini saya selalu menggunakan rumus. Pengennya sih membuat form seperti punya bapak, tapi saya sangat kesulitan membuat VBA scriptnya, karena tidak punya basic programming. Banyak situs yang saya kunjungi untuk belajar scriptnya, tapi kebanyakan susah dimengerti. Kira-kira bapak bisa kasih rekomendasi situs atau buku untuk belajar VBA script untuk pemula. Thanks in advance

excell mengatakan...

Saya juga tidak punya basic programming, hanya dapat dari jelajah internet.
Beberapa buku yang layak dibaca:
1. "Excel 2010 VBA Programming for Dummies" karya John Walkenbach
2. "Tip dan Trik Optimasi VBA Microsoft Excel" karya Yudhi WIcaksono
3. "Tingkatkan Kinerja Excel 2007-2010 Anda dengan VBA excel" karya Hendrik Karnadi dan Siti-Vi
4. "Menguasai VBA Macro Excel 2010" terbitan Winpec Solution

Nancy mengatakan...

Thank you very much for your sharing. "Excel 2010 VBA Programming for Dummies" by John Walkenbach is really a good book and good start for me. It really helps me so much.

Heri Pribadi mengatakan...

Mantep Pak...
makasih banget ya....
berguna sekali buat sekolah kami..
trims

yuni mariani manik S.Pd mengatakan...

MAS HERU, SAYA MENGALAMI KESULITAN NI,
Nama-nama siswa nya kan saya isi, misalnya untuk skrg 10 org kemudian saya pilih "simpan" kemudian saya tambahkan lagi nama 10 siswa berikutnya knp gk bisa disimpan ya mas?
trims atas bantuannya mas..

excell mengatakan...

Nomor Induknya wajib diisi

yuni mariani manik S.Pd mengatakan...

iya pak, sudah saya coba, dan bisa..
trims pak..

sukses mengatakan...

Alhamdulillah pak heru, terimakasih banyak atas segalanya dalam hal program ini.
cuma saya mengalami kesulitan. Dilayar INPUT PEMBAYARAN SPP saya pingin input no induk sebagai premery key. jadi ketika input no induk maka nama dan kelas yang pampil. mohon pencerahannya. terimakasi

sukses mengatakan...

Oh Ya pak heru. ada tambahan kesulitan di program ini mohon pencerahannya.
Bgmn kalau kelasnya banyak. misalnya.
Kelas 1 Reguler : 1A, 1B, 1C begitupun dengan kelas yang lain. Mohon pencerahannya. Terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

salam kenal..
saya sudah coba aplikasi bapak
tapi bagaimana jika ada 2 pembayaran dalam 1 kwitansi misal spp dan tabungan

dan bagaimana juga kalo kita memasukkan no induk lalu yang keluar nama dan kelas..

itu mungkin lebih mudah..

terima kasih sebelumnya...

excell mengatakan...

Memang tiap sekolah mempunyai karakter pembayaran yang berbeda-beda. Bahkan ada banyak jenis pembayaran.
Dalam membuat program, tentu bertambahnya jenis pembayaran, harus sudah dirancang sejak awal. Sehingga kalau hanya tambal sulam dari program yang sudah ada, hasilnya jelas tidak maksimal.

Unknown mengatakan...

Salam kenal Pak,
saya baru melihat blog bapak. saya terinspirasi dari sharing ilmu yang bapak posting. dan membantu sekali bagi para guru-guru khususnya tata usaha untuk belajar lebih dalam lagi tentang excel.

saya sudah unduh file bapak, dan saya sudah coba. tapi sedikit ada masalah pak. begini.. jika mau input nominal uang perbulan misalkan 150000, setelah disimpan jadi Rp.150,00 saja. apa ada kesalahan program code-nya?

excell mengatakan...

Nginputnya jangan pakai tanda pemisah.

MGMP PAI SMK PBG mengatakan...

Maaf tanya lg ya bos, ku mau menghapus data pembayaran tahun sebelumnya karena mau dipakai tahun ini. gmn ya caranya? trims

Anonim mengatakan...

salam kenal pak...saya bondan...maaf ni mau tanya..saya mau membuat program angsuran pinjaman untuk koperasi simpan pinjam..tapi saya tidak paham banyak tentang excel..nah yg mau saya tanyakan..begini masalahnya..misalnya si A mempunyai hutang pada koperasi kami,lalu si A membayar angsuran pokok dan jasa perbulannya..otomatis pinjaman si A tersebut berkurang karena telah membayar angsuran pokok..nah bagaimana caranya agar dapat malakukan input pembayaran secara otomatis menggunakan vbe atau menggunakan rumus excel?mohon bantuannya jika berkenan membantu...
kalau bisa kirim ke alamat email saya "bondan.fathoni@gmail.com"
terima kasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

terima kasih pak atas ilmunya..
mau nanya, giman caranya mengubah format kwitansinya...

Anonim mengatakan...

Lam knal Om, saya udah download file programnya,masalahnya pada wktu ngeedit siswa,pas wktu tambah siswa,kok programnya jadi ada eror runtime"13',mohon petunjuknya

Anonim mengatakan...

ada keluhan nih mas,terutama pd wkt ngeedit data siswa,sesudah ditambah data siswanya, truz disimpan kok jadi eror ya,mohon solusinya?

Anonim mengatakan...

Salam pak, programnya bagus pak. Simpel dan komen pada bahasa pemogramannya mudah dimengerti. Terima kasih banyak buat bapak, program ini dipakai untuk sekolah kanak kanak kami. Saya mau tanya untuk Penyimpanan data / database nya excel yah pak? Lengkapnya? Terima kasih.

excell mengatakan...

Yaps, nyimpan database-nya ya di file itu sendiri.

adytia mengatakan...

Assalamu'alaikum. salam kenal pak,terimaksih untuk ilmunya pak, semoga ilmu yang bapak miliki semakin bertambah terus. amin

Unknown mengatakan...

terima kasih pak semoga menjadi amal sholih amin ....
mautanya ... kalo ganti tahun pelajaran harus dikopi filnenya?

Anonim mengatakan...

terima kasih bung dan salam kenal.ijin zedot filenya ya...moga slalu brtambah ilmunya dan mndapat rejeki yang brlimpah dari TUHAN buat bung serta semua keluarganya

Anonim mengatakan...

Sangt sangat berguna..Bung memang hebat...thanks bung.sy sdh sedot file smuanya..Mga rejeki slu bersamamu n TUHAN psti memberikannya..

BRAJA mengatakan...

Salam kenal Pak Heru.
Terima kasih ilmunya.

Unknown mengatakan...

terimakasi...... dulu.... pus kenal mas.....
sangat membantu sekali pragram yang mas share...
aku pemula yang baru mu suka dengn vba sangat bertimakasih sekali... wes pokok makasihlah...

Keluarga Sakinah mengatakan...

mantap..kebetulan kantor saya mulai kerjasama dengan sekolahan dalam pelayanan penerimaan pembayaran spp. tinggal edit disesuaikan dengan kondisi yang ada. cuman, ada kendala..saat data per kelas hanya 2 orang, tidak ada kendala, namun saat copas data keseluruhan siswa, pada laporan per siswa, nama siswa lainnya muncul juga.

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaikum... Salam Silaturahmi saya haturkan...
nama saya Syaeful
saya sangat berterima kasih dengan kehadiran Blog Bapak,, dampak positif bagi saya dari pada ngenet yang ga karuan Alhamdulillah berkat Blog Bapak waktu saya tidak sia-sia..
semoga amal Bapak senantiasa diberikan Balasan keilmuan yang mendapat Berkah dan Ridho dari Alloh SWT.. aminn

pelemsewukicau mengatakan...

trims telah berbagi. saya ngga paham vba, tapi pengen editing sesuai kondisi yang ada. untuk laporan, saya perlu ada tanggal pembayaran, dan saat mau input pembayaran bisa keluar tagihan yang belum terbayar. bisakah dibantu?

muhsinin mengatakan...

salam kenal bos
kenalkan saya muhsinin dari bengkulu
tq aplikasinya tpi setelah diunduh ketika aplikasi dijalankan dan data ditambah terjaadi error (runtime error)
mohon pencerahan ilmunya

Naura mengatakan...

Pak saya ada kesulitan,ketika saya edit nama kok muncul runtin eror,itu gmn pak????mksh

wasdodi23 mengatakan...

mohon maaf pk.
ada gk pk. tutorial bikin database sperti program spp.. saya pengen belajar bikin dabase sperti itu. ko sheetnya bisa tersembunyi. terus ada pilihan kelasnya lagi.
mohon bantuannya.

Anonim mengatakan...

Makasih bngt pak,software y bermanfaat..bisa ga ini di editkan buat software tabungan,kami sangat membutuhkan itu pak..mohon konfirmasi ke email kita : fadlifs88@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Salam sejahtera, pa kalau ada senggang waktunya mohon maaf saya mau menyitanya. saya ingin menggunakan aplikasi yang dari bapak, tapi bagaimana caranya merubah infut kelas ditambah dengan Kelas Tk dan SD. terima kasih ilmunya. semoga berkah

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas Heru, mantap programnya, klo boleh, saya mnta pencerahan mengenai code-codenya terutama code yg di pasang pada tombol yg di buat di dalam sheet bukan pada VBA editor.
cara membuat tombol "kembali ke menu", "show". terima kasih

Unknown mengatakan...

Salam kenal..
Program nya sangat bermanfaat..
Bisa tolong minta tutorial cara pembuatannya tidak,soalnya saya ada tugas akhir sekolah..

Terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Salam Kenal,,
Programnya sangat bermanfaat, tapi sayangnya saya masih belum mengerti tentang program ini maklum pak saya masih pemula, yang saya mau tanya bagaimana cara mengedit/merubah data nama sekolahnya. mohon dengan rinci bantuannya...

jati mengatakan...

PASSWORD 123456 udah ga bisa ,,,minta password nya mas,,,ata ajarin caranya buka vba nya,,thanks,,ilmunya bermanfaat

Agus Santoso mengatakan...

untuk simpan data siswa masih eror , apa bisadiperbaiki?

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bapak Haerudin yang di muliakan Allah, semoga senantiasa Allah memberikan Rizqi dan Ilmu yang bermanfaat, agar Bapak dapat terus memberikan dan mengamalkan ilmu tersebut kepada orang lain.

Saya baru ketemu blog ini setelah sekian lama mencari referensi untuk aplikasi pembayaran sekolah.

Saya mohon ijin untuk menyalin karya Bapak ini untuk saya pergunakan seperlunya, dan atas perkenan Bapak, jika memungkinkan saya ingin merubah tampilan dan teks untuk keperluan saya yang sekarang tengah belajar mengelola Lembaga Pendidikan.

Dan saya juga mohon arahan dari bapak sekiranya saya mengalami kesulitan.

Terima kasih atas share ilmu nya semoga ilmu dan pengetahuan Bapak selalu bertambah.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Toto Megiyatmoko
toisletto@gmail.com

excell mengatakan...

Monggo, dipersilahkan.

Ansar mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ansar mengatakan...

Assalamu'alaikum..
Makasi banyak atas Softwarenya...
Mantap Skali....


Cuman Ada sedikit maslah...
Waktu input data siswanya, mucul eror "13" nga' bisa di simpan...

seperti ini muncul ketika penginputan berlangsung n saya istrahat sejenak kemudian saya lanjut, kemudian saya mau save dah nag bisa....muncul tulisan eror....????

kira2 gimana solusinya???

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya sangat bermanfaat Pak, Saya sudah coba ketika klik tombol batal error pak? Kenapa ya.

Terima kasih

Saving4Future mengatakan...

Bagaimana cara mengedit data yang sudah tersimpan jika ada kesalahan dalam penginputan?. terima kasih atas ilmunya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Salam jumpa Pak Haeru.
Saya sudah coba Program Pembayaran SPPnya, cuma kalau membatalkan pengisian data/mengedit jika sudah disimpan, bagaimana caranya. Jika ini dapat dilakukan, program ini benar-benar berguna
Terima kasih
Syaiful

Anonim mengatakan...

mas cra nampilin databasenya gimana??

smpplbayat mengatakan...

maturnuwun pak heru..saya mendapat materi belajar dari blog ini...

Unknown mengatakan...

salam kenal pak Heru

saya banyak belajar dari blog bpk
trima kasih dan semoga pak Heru tetap eksis membagikan ilmu2nya

Unknown mengatakan...

salam kenal pak heru, inilah yang saya cari, saya ingin membuat form pembayaran spp, pas banget dengan materi pak heru, kalo excel sedikit2 lumayan bisa, cuma awam banget dengan script vba, mohon bisa diposting atau email kesaya fungsi script satu2, agar saya bisa mengedit sesuai kebutuhan, trims banget pak

Unknown mengatakan...

ASS...SAYA MAU BUAT PROGRAM SPP TAPI DENGAN MENGGUNAKAN MS ACCES BAGAIMANA CARANYA YA ...
BISA GAK PROGRAM YANG INI PAKE MS ACCES

Chepy 1933 mengatakan...

Bisa bikin buat program pembayaran rekening listrik ga pak.?

Unknown mengatakan...

Suksess bang

Ebook Komputer Lengkap mengatakan...

terima kasih banyak atas programnya pak, semoga ilmu bapak semakin bertambah, ane mohon izin ane share di blog ane dan tetap mencantumkan link ke web bapak ni

Abrisam mengatakan...

Maaf mas/pak saya mau nanya cara mengedit di bagian cek kuitansi, saya ingin merubah cek kuitansinya .
Sekian terimakasih

beritaanaknegeri.blogspot.com mengatakan...

maaf sebelumnya mas sya pendatang baru...
saya mau nanya..
klo untuk menambah commondbutten hapus..
gmn cara membuat codingnya di aplikasi ini

Mardiana mengatakan...

halo..mas heru saya mau tanya bagaimana cara menghapus data siswa kok tidak bisa saya hapus...apa karna datanya banyak???

Unknown mengatakan...

Terimakasi, sangat membantu sekali.

zazha sungha jugatsu mengatakan...

makasih banyak... ini sangat membantu sekali,,

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Unknown mengatakan...

aplikasinya sangat bermanfaat makasih, sudah terbantu dengan adanya aplikasi ini, mohon dikirim aplikasi yang komplit pa, moga amal baiknya di balas Allah SWT, aamiin alamat: uubadrudin73@gmail.com

Unknown mengatakan...

APLIKASINYA SUDAH SANGAT MEMBANTU
TERIMA KASIH

Yusda Permana mengatakan...

Cara edit cek kwitansi gimana ya pa, mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

PAK MAAF..KENAPA DI DATABASE yg untuk COPAS siswa baru saat jumlah nama lebih dari 10 malah error (DEBUG) tombol simpannya

Unknown mengatakan...

assalamualaikum, mas bagaimana cara mengedit from kwitansi pembayarannya??

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum, mas terimakasih untuk ilmunya, saya mau tanya gimana cara menampilkan semua "Sheets"nya mas..???
terimakasih....

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Heru. Terima kasih atas share aplikasinya. Namun adakah aplikasi updatenya yang lebih lengkap dengan tambahan pembayaran-pembayaran lain? Saya sudah mencoba menambahkan beberapa textbox untuk input pembayaran-pembayaran lain dengan cara mengcopy textbox yang sudah ada dan berhasil tampil, namun terkendala dengan coding untuk input pembayaran angsuran (mis:bayar seragam, dll). Oleh karena itu jika berkenan, bapak dapat memberikan solusinya atau jika ada bisa mengirimkan aplikasi updatenya ke email: alinurdin.1103.an@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. Selamat berkarya.

Unknown mengatakan...

Malam Pak Heru..
Saya mau nanya nih Pak..

Bagaimana ya caranya agar tampilan Userform itu bias dibuat Freeze Panes seperti yg dilembar XL itu ya Pak...???

Mohon bantuannya Pak...
terimakasih.

Unknown mengatakan...

kenapa tidak bisa menghapus daftar siswa mas?...mohon pencerahannya

Putu Arya Sudarma Putra mengatakan...

mohon bantunnya gan....password untuk membuka cellnya berapa? saya mau belajar makek....makasi gan

zaen mengatakan...

assalamuallikum pak...

mau tanya untuk ketika di klik nama siswa nya kok muncul eror kenapa nggeh ???

Shandy mengatakan...

Mohon bantuan.
Buatkan video tutorialnya dari awal. karna setelah dicek dan dicoba2 ada beberapa error.
kalau saya pribadi, harus ada videonya biar tahu alurnya.
kalau cuma lihat coding, bingung mau ngedit/perbaiki yang salah.

yuyun yuningsih mengatakan...

Terima kasih bermanfaat sekali

Tanpa Suara mengatakan...

bg mohon bantuan nya saya mau bertanya untuk perint out nya kalaw kita mau tambah kan logo dan tandatangan bukti pembayaran nya apa bisa bg soal nya ini kan print out nya hanya data tanggal pembayaran serta bulan yang sudah di bayarkan saya mau tambah kan logo di kertas pembayaran serta tandatangan sebagai bukti sah pembayaran nya mohon untuk informasi nya bg

rzk mengatakan...

gak bisa didownload

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Mas Heru... Salam Kenal dari Probolinggo..
Kok Aplikasinya gak bisa di Download ya... Mohon kiranya bisa kirim ke manqoperator@gmail.com...terima kasih

Indalh Harum mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

yuslan mengatakan...

om herru. filenya sudah tidak bisa didwonload.

Unknown mengatakan...

Mohon maaf pak...
mohon arahannya...
setelah di input pembayarannya, di rekap kelas dan rekap semua kelas nominalnya kok tidak muncul ya.....
suwun....

jhonodoank mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb.
Salam kenal pak, saya dari SMP Muhammadiyah Banguntapan, saya menemukan aplikasi Program Pembayaran SPP karya jenengan, bagus, saya tertaris dan mohon ijin menggunakannya, namun sedikit mohon bantuan, bagaimana caranya agar setian pembayaran, di tabel rekap laporan bisa dimunculkan tanggal pembayarannya disebelah nominal pembayaran, terima kasih.

Teddy mengatakan...

Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddydouble334@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Apakah bisa bulan nya di rubah Hijriyah KK