Minggu, 25 Desember 2011

Cara Memodifikasi Menu Ribbon Ms Excel 2007 / 2010



Kalau kita lihat gambar di atas, kita mendapati bahwa menu ribbon yang biasa kita temui seperti Home, Insert, PageLayout, Formula, dll menjadi hilang bak ditelan bulan. Pada kemana menu-menu tersebut?
Pertanyaan selanjutnya, bisakah menu Ribbon dimodifikasi (diubah, ditambah atau dikurangi?). Jawabnya BISA. lalu bagaimana caranya?

Perlu dipahami, bahwa ada dua jenis modifikasi menu Ribbon.

  1. Hasil modifikasi hanya berlaku untuk satu komputer saja, artinya jika dibuka di komputer lain, hasil modifikasi tidak berpengaruh, akan kembali normal seperti biasa.
  2. Hasil modifikasi hanya berlaku untuk satu file yang dimodifikasi saja, namun berlaku untuk semua komputer. Artinya jika file tersebut dibuka di komputer lain, maka modifikasi yang dibuat masih tetap berlaku. 

Untuk yang pertama, bisa dilakukan dengan klik kanan di ruang kosong pada tollbar, pilih Customize Ribbon. Pada bagian Main Tabs, pilih New Tab. Lakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
Namun, perlu dipahami tindakan ini berpengaruh untuk semua file Excel di komputer. Artinya, ketika kita membuka Ms Excel, maka menu-menu tambahan akan muncul.


Cara yang kedua, adalah dengan memodifikasi satu file saja sehingga walauoun dibuka di komputer lain, kostumasi yang dibuat tetap ada. Untuk cara yang kedua ada beberapa hal yang perlu dipahami.


Memahami lebih jauh tentang format XLSX.
Berbeda dengan format XLS (office 2003 dan sebelumnya), Excel 2007 hadir dengan eksistensi XLSX. Dengan format ini satu file Excel sebenarnya merupakan sebuah file kompresi dari beberapa file. Buktinya, file Excel dengan eksistensi XLSX bisa dibuka dengan aplikasi seperti WINRAR seperti berikut:




Untuk memodifikasi menu Ribbon, kita harus menambah sebuah folder baru bernama CustomUI seperti tampilan berikut:




Ada sebuah aplikasi gratis yang bisa membantu kita memodifikasi menu Ribbon melalui pembuatan folder CustomUI tersebut, namanya adalah OfficeCustomUIEditor. Dengan bantuan program ini kita bisa mensetting sendiri menu-menu yang akan ditampilkan di UserInterface satu file Ms Excel.


Karena untuk menuliskan kode-kode pada aplikasi tersebut ada aturan khusus, link berikut bisa dijadikan rujukan beserta contoh penerapannya:
1. http://www.rondebruin.nl/ribbon.htm
2. http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa338202.aspx
3. http://www.oaltd.co.uk/Excel2007ProgRef/Default.htm


Demikian, semoga bermanfaat



Artikel Terkait:

16 komentar:

Anonim mengatakan...

wahh ... baru mau bikin artikel yang kayak gini ternyata udah keduluan Pak Guru

siiiipppppp

excell mengatakan...

ah, Pak Syukron ada ada saja.....
Ayu TingTing lagi kesel
Yang penting Microsoft Excel hehehehe...

prazt mengatakan...

bagaimana cara menyembunyikan semua menu seperti gambar di atas mas Heru...???

excell mengatakan...

di Link pertama yang diberikan di bagian paling bawah posting, sudah disediakan contoh file-nya serta penjelasan lengkapnya yang bisa di-download. Jadi silahkan coba dipelajari.
Intinya, untuk memodifikasi menu Ribbon, kita harus membuat Folder baru dengan nama CustomUI dan membuat file CustomUI.xml.

Anonim mengatakan...

Hidup guru Indonesia

muhamadwahono mengatakan...

pak heru, saya sering sekali buka blog bapak dan mamu2.com. karena saya saya suka banget tulisan-tulisannya. tapi yang paling saya bingungkan adalah membuat/memodifikasi ribbon excel. mohon petunjuknya lebih jelas. trimakasih

excell mengatakan...

Ya, memodifikasi menu Ribbon memang agak susah, Lelbih susah lagi menjelaskan yang susah tersebut. Saya coba search di google dengan kata kunci "modifikasi menu Ribbon" yang berbahasa Indonesia juga susah mendapatkan hasil.
Sebab sedikit banyak kita perlu menggunakan bahasa pemrograman. Tapi dengan Trial & Error, insya Allah kita bisa menyelesaikan hal yang susah tersebut.

Pak Yudhy Wicaksono telah menerbitkan buku Excel khusus masalah modifikasi Ribbon ini,judulnya "Teknik MakeOver Excel 2007". Mungkin buku ini bisa membantu. Ini Link-nya:
http://www.bukukita.com/Komputer-dan-Internet/Tools-&-Utiliti/70507-TEKNIK-MAKEOVER-EXCEL-2007-.html
(Bukan numpang promosi, karena saya juga nggak punya, hehehe)

Kalau hanya memdofikasi menu Ribbon di satu komputer saja, mungkin Link ini bisa membantu:
http://mugi.or.id/blogs/bfindarto/archive/2011/09/20/memodifikasi-dan-berbagi-setting-ribbon.aspx

Bukan Sekedar Ngeblog mengatakan...

hebat nih mas.. ketika nemu file yang seperti itu saya sempat membuka source macronya dan diputer-puter ternyata ga ketemu juga.. ternyata gini cara membuatnya yah.. tapi yg saya bingung bagaimana cara mengedit file atau membuat file customUI tsb kalau dibuka pake winrar

Anonim mengatakan...

Ini bagus Mas Her. Tapi aku bingung meskipun udah buka link-ling yang dianjurkan. Masalahnya hanya 1 aku gak tahu bahasane orang kulit putih bermata biru & berhidung bangir.

Ruslan Wahid mengatakan...

kalau untuk menghapus ribbon yang telah kita buat, gmna pak her...mohon bantuannya

excell mengatakan...

Buka file dengan winrar, kemudian hapus folder CustomUi

Unknown mengatakan...

Pak saya bisa dikirim contoh softcopy nya? di email: ekowahyono52@yahoo.com. Terima kasih Pak sukses selalu.

ktp2017 mengatakan...

pak cara menempelkan ikon buatan sendiri,kya milike njenengan caranya gmn?

Infolucky mengatakan...

Pengen coba juga master>> gomana cara membuat ikon ribbon sendiri.. mohon penjelasannya. terimah kasih

Unknown mengatakan...

Tidak jalan di excell 2013

Unknown mengatakan...

Mas bisa ngga membuat 2 ribbon hasil modifikasi sendiri sekaligus?
kalau ada, tolong share coddingnya ke putrause@gmail.com